Driver ojol wajib pake penyekat di era new normal
Driver ojol wajib pake penyekat di era new normal

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah telah memperolehkan kembali driver ojek online membawa penumpang di masa new normal. Namun ada aturan baru yang diberlakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 11 tahun 2020.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan untuk ojek online dalam mengangkut penumpang harus menerapkan jaga jarak fisik dengan inovasi.

Hal itu pun telah disampaikan ke aplikator seperti Grab dan Gojek, serta beberapa asosiasi untuk melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Mereka (aplikator) akan menyiapkan posko kesehatan di tiap kota, fungsinya akan memberikan pelayanan kepada pengemudi meyangkut penyemprot disinfektan, dan menyangkut pengguna hand sanitizerr kemudian menyangkut mengecek suhu tubuh menggunakan thermo gun.

Kemudian dalam beleid tersebut, kata Budi, mewajibkan kepada pengemudi ojek online untuk menggunakan jaket, masker, helm dan sarung tangan.

“Bagi pengemudi ojol yang akan mengangkut penumpang, diwajibkan menggunakan penyekat antar penumpang. Hal ini sebagai salah satu upaya dalam meminimalisir penyebaran virus corona,” katanya.

Pihak aplikator seperti Gojek dan Grab telah menyanggupi akan menyediakan sekat pembatas tersebut. Namun dengan catatan tak bisa langsung seluruhnya.

Selain itu, Budi juga mengungkapkan guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kedua aplikator tersebut. Jadi keduanya akan menyiapkan kendaraannya lebih higenis dan bersih.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here