Atasi Penyebaran Corona, Bupati Bogor Cegah Kendaraan Asal Jakarta Menuju Puncak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah Kabupaten Bogor terus melakukan pengawasan di daerahnya untuk mengatasi penyebaran virus corona. Kali ini, Bupati Bogor Ade Yasin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memeriksa kendaraan asal Jakarta yang masuk ke Jalur Puncak. Pemeriksaan tersebut dilakukan di Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Kami harus waspadai orang-orang eksodus dari Jakarta untuk diam di vila. Di sinilah kita periksa, tanya tujuannya ke atas mau apa, karena masyarakat pun sudah melakukan penyekatan desa-desa atau di masing-masing wilayah yang menuju vila,” kata Ade seperti dilansir dari Antara, Minggu 5 April 2020.

Menurutnya, vila-vila dan hotel di Jalur Puncak pun sudah banyak yang tutup sejak pandemi Virus Corona. Langkah itu dilakukan untuk mencegah penularan virus mematikan tersebut.

“Biasanya hari-hari libur begini banyak orang dari Jakarta menuju vilanya, pariwisata sudah tutup, hotel juga sudah banyak yang tutup karena memang tamunya juga sudah tidak ada,” katanya.

Pemeriksaan dilakukan dengan cara memeriksa suhu tubuh, pemberian masker dan cairan pembersih tangan serta penyemprotan disinfektan kendaraan sebelum kembali meneruskan perjalanan.

Ade mengungkapkan, aksi serupa juga dilakukan di tiga lokasi lainnya yang menjadi gerbang masuk Kabupaten Bogor, yaitu Puncak Pas, Cigombong dan Jalan Layang Cibinong.

“Sosialisasi kepada para pengguna jalan ini bertujuan agar mereka mempertimbangkan kembali perjalanannya menuju Bogor,” ujarnya.

Ia mengatakan, serangkaian langkah pencegahan yang dilakukan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Yakni seluruh kabupaten dan kota khususnya di Jawa Barat agar memberdayakan potensi masyarakat dalam bentuk RW Siaga. Ade menargetkan pembentukan 3.759 RW Siaga di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini