(Foto: The Indian Express)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Amerika Serikat dan India harus bekerja sama untuk menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh Cina terhadap keamanan dan kebebasan, demikian diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo saat berbicara di hadapan para pemimpin India.

Pompeo tiba di New Delhi, Senin (26/10) bersama dengan Menteri Pertahanan, Mark Esper guna membahas masalah strategis, menyusul meningkatnya ketegangan yang terjadi antara pasukan India dengan pasukan Cina di perbatasan Himalaya –daerah yang menjadi sengketa.

“Hari ini adalah kesempatan baru untuk dua negara demokrasi besar seperti kami untuk tumbuh lebih dekat,” kata Pompeo, melansir Reuters, Selasa, 27 Oktober 2020.

“Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Banyak hal yang harus kami diskusikan hari ini. Kerjasama kami dalam menangani pandemi yang berasal dari Wuhan, untuk menghadapi ancaman Partai Komunis Cina terhadap keamanan dan kebebasan untuk mempromosikan perdamaian dan stablitas di seluruh wilayah,” sambungnya.

Presiden AS, Donald Trump telah terang-terangan bersikap dengan keras dengan Cina. Trump bahkan berjanji akan mendukung negara sekutu untuk melawan pengaruh Cina yang tumbuh dan berkembang di wilayah tersebut.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here