Artidjo Alkostar

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meninggal dunianya anggota Dewan Pengawas KPK dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar pada Minggu 28 Februari 2021 menyisakan duka mendalam bagi Menko Polhukam Mahfud MD.

Menurut Mahfud, selama ini ia mengenal Artidjo sebagai seorang hakim yang disegani dan tegas hingga disebut sebagai aljogo koruptor.

“Artidjo Alkostar adalah hakim agung yang dijuluki algojo oleh para koruptor. Dia tak ragu menjatuhkan hukuman berat kepada para koruptor tanpa peduli pada peta kekuatan dan backup politik. Dulu almarhum adalah dosen di Fakultas Hukum UII Yogyakarta yang juga jadi pengacara. Selama jadi pengacara dikenal lurus,” kata Mahfud dalam cuitannya di Twitter.

Menurut Mahfud, perjalanan karirnya banyak terpengaruh oleh Artidjo, khususnya sebagai aktivis penegakan hukum dan demokrasi.

“Tahun 1978 Artidjo menjadi dosen saya di Fakultas Hukum UII. Dia juga yang menginspirasi saya menjadi dosen dan menjadi aktivis penegakan hukum dan demokrasi. Pada 1990 atau 1991 saya dan Mas Artidjo sama-sama pernah menjadi visiting scholar (academic researvher) di Columbia University, New York. RIP, Mas Ar,” ujar Mahfud.

Artidjo meninggal dunia siang ini sekitar pukul 14.00 WIB. Adapun rumah duka berada di Apartment Springhill Terrace Residence, Tower Sandalwood, Jalan Benyamin Suaeb No.10, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Utara

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here