APBN Indonesia Hadapi Pandemi Covid-19 Jadi Inspirasi Negara-Negara Afrika

Baca Juga

MATA INDONESIA, CAMBRIDGE – Pengalaman APBN Indonesia menghadapi masa sulit seperti Pandemi Covid-19 menjadi inspirasi bagi negara lain terutama dari Afrika.

Terbukti para menteri keuangan negara-negara Afrika tidak menyia-nyiakan kesempatan ketika Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri undangan di Harvard University – Cambridge, 25 April 2022.

“Para Menkeu Afrika banyak bertanya mengenai bagaimana mengelola disiplin APBN di masa sulit,” kata Sri Mulyani.

Saat itu, Harvard TH Chan School of Public Health – Harvard Graduate School of Education dan Harvard Kennedy School bekerjasama dengan UN Economic Comission for Africa menyelenggarakan acara khusus untuk para Menteri Keuangan dari negara-negara Afrika

Mereka juga banyak bertanya tentang bagaimana meningkatkan kinerja dan daya serap APBN, dan bagaimana merancang insentif kinerja.

Selain itu, bagaimana mengelola tekanan berbagai prioritas pembangunan, bagaimana menjaga kualitas belanja Kementrian dan Pemerintah Daerah, bagaimana menjaga akuntabilitas dan transparansi.

Sri Mulyani mengaku senang bisa membagi pengalaman Indonesia tersebut. Apalagi para menkeu Afrik menilai pengalaman itu sangat praktikal, kongkrit dan sangat bermanfaat.

Pengalaman itu juga sangat relevan bagi mereka untuk menjalankan tugas berat sebagai bendahara negara di negara masing-masing.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini