Alhamdullilah! Rupiah Tutup Akhir Pekan di Zona Hijau

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah menutup akhir pekan, 3 April 2020 di zona hijau alias menguat terhadap dolar AS. Mengutip data RTI Bussines, rupiah berada di posisi Rp 16.425 per dolar AS atau menguat 0,30 persen.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan penguatan rupiah pada Jumat ini ditopang aliran modal asing ke dalam negeri. Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan investor asing terpantau net buy atau beli bersih di pasar keuangan domestik sebesar Rp 3,28 triliun pada periode 30 Maret-2 April 2020.

“Aliran modal masuk ini menandakan bahwa kepanikan investor akibat mewabahnya covid-19 yang semakin berkurang,” kata Ibrahim Jumat sore.

Sementara aliran modal yang masuk (inflow) untuk Surat Berharga Negara (SBN) tercatat Rp 4,09 triliun. Sedangkan di pasar saham pada periode tersebut masih terjadi net sell atau jual bersih (outflow) sebesar Rp 820 miliar.

Menurut Ibrahim, aliran modal ke SBN disebabkan rendahnya suku bunga di berbagai bank sentral, terutama AS, Eropa, dan Asia. Kondisi ini menjadi daya tarik tersendiri untuk pasar dalam negeri.

“Apalagi suku bunga masih relatif tinggi sehingga sangat wajar kalau pelaku pasar kembali yakin terhadap prospek pasar keuangan dan perekonomian,” ujarnya.

Sebagai informasi, pada pembukaan perdagangan Jumat pukul 09.00 WIB pagi, rupiah berada pada posisi Rp 16.475 per dolar AS. Sepanjang hari ini, rupiah sempat menyentuh level tertinggi pada posisi Rp 16.502 per dolar AS. Sementara titik terbawah rupiah berada pada posisi Rp 16.425 per dolar AS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini