Alhamdulillah, Pesawat N219 Buatan Indonesia Lulus Uji Terbang 100 Persen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa kabar Pesawat N219 buatan Indonesia yang diberinama Nurtanio oleh Presiden Jokowi? Ternyata telah lulus uji terbang prototipe tahap 1 (PD1) sejak Selasa 1 Desember 2020 hingga Kamis 3 Desember 2020.

Kepala Program Pesawat Transport Nasional pada Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN, Agus Aribowo menjelaskan uji terbang tiga hari itu melakukan 6 sortie. Uji itu dipiloti dan diawaki enam orang dari Kementerian Perhubungan.

Uji sampling yang telah dilakukan Nurtanio antara lain Stall Speed Determination, Vibration and Buffeting, One Engine Inoperative, In Flight Engine Start, Take-off and Landing Distance Determination, dan sebagainya.

Berita baik bagi Indonesia, setelah melalui semua urutan tes itu Nurtanio telah dinyatakan lulus 100 persen.

Setelah PD 1, pada 10 sampai 12 Desember 2020 akan diuji terbang untuk pesawat Prototipe 2 (PD2) oleh Pilot dan FTE Kemenhub di Bandung untuk menguji sistem alat pendaratan/ Instrument Landing System (ILS), Penerbangan Malam/ Night Operation, dan lain sebagainya.

Setelah semua uji PD1 dan PD2 lulus, akan diadakan final Type Certification Board Meeting (TCBM) untuk menentukan Type Certificate Data Sheet (TCDS) sebagai lampiran Sertifikat Tipe untuk N219 Nurtanio yang dijadwalkan lulus di akhir tahun 2020 ini.

Begini suasana uji terbang pesawat N219 pada 1-3 Desember 2020;

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini