Alhamdulillah, Jutaan Bahan Vaksin Mulai Diproses Indonesia, November

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hasil kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Cina adalah pada November 2020 hingga Maret 2021, PT Bio Farma dipastikan menerima 50 juta dosis bulk atau konsentrat Ready to Fill (RTF) vaksin Covid19 dari Sinovac. Itu adalah bahan final untuk memroduksi vaksin Covid19.

Menurut Erick, kerja sama dengan Sinovac adalah win-win, karena Bio Farma tidak hanya sekadar mengolah dan mendistribusikan saja vaksin Covid19 tetapi juga terjadi transfer teknologi.

“Dalam kunjungan ini kita ingin memastikan transformasi dari industri kesehatan kita,” ujar Erick dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 21 Agustus 2020.

Sedangkan Menteri Retno Marsudi menyatakan pada 20 Agustus 2020, telah dilaksanakan dua penandatanganan perjanjian. Pertama, Indonesia dipastikan mendapatkan tambahan pasokan bulk vaksin Covid19 hingga Maret 2021 dan hingga akhir tahun 2021.

Perjanjian itu, untuk menyepakati komitmen ketersediaan pasokan bulk vaccine hingga 50 juta dosis vaksin mulai November 2020 hingga Maret 2021.

Sedangkan dokumen kedua yang ditandatangani Sinovac dan Bio Farma adalah nota kesepahaman untuk komitmen kapasitas bulk vaccine 2021 yang memrioritaskan Biofarma mendapat bulk vaccine hingga akhir tahun depan.

Menurut Retno itu adalah kerja sama yang cukup panjang antara dua perusahaan Biofarma dan Sinovac.

Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyampaikan Bio Farma menantikan kiriman 10 juta dosis bulk vaksin Covid19 pertama pada November 2020, dan pada Desember 2020 akan datang 10 juta dosis bulk berikutnya.

Kemudian, Januari 2021 hingga Maret 2021 akan datang 10 juta dosis bulk vaksin Covid19 setiap bulannya, sehingga total yang akan diterima Bio Farma sampai dengan Maret 2021 adalah sebanyak 50 juta bulk vaksin Covid19.

Bulk yang akan diterima Bio Farma berbentuk RTF pada bulan November 2020 tidak akan langsung diproduksi, melainkan akan dilakukan serangkaian pengujian di Bio Farma dan proses registrasi di Badan POM, sampai pada akhirnya siap untuk diproduksi.

Setelah proses-proses itu selesai, Bio Farma akan melanjutkan proses filling and packaging untuk menjadi produk akhir, sehingga didalamnya terdapat komponen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), dan transfer teknologi dalam bidang fill/finish bulk dengan transfer teknologi pengujian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini