Akses Umrah Jemaah Indonesia Kembali Ditutup Saudi, Ini Alasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi kembali menutup akses umrah, khususnya proses visa untuk jemaah asal Indonesia.

Padahal, sebelumnya, Saudi sempat membuka akses untuk jemaah Indonesia per 1 November 2020 lalu. Namun, kini harus ditutup kembali karena masalah Covid-19.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman menjelaskan, Saudi sudah melakukan evaluasi dan pengaturan umrah untuk jemaah Indonesia.

“Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia,” kata Oman dalam keterangannya, Senin 16 November 2020.

Oman berkata, sejak akses dibuka, sudah 369 jemaah umrah Indonesia yang berangkat ke Saudi dalam tiga fase, yakni tanggal 1, 3 dan 8 November 2020.

Namun, belakangan pemerintah Saudi mendapat temuan, bahwa ada prosedur pemeriksaan tes swab/PCR yang baru dilakukan saat karantina di hotel. Padahal, menurut Oman, pemeriksaan ini harus dilakukan ketika jemaah tiba.

“Ketentuan ini tidak tertuang dalam aturan yang disampaikan Pemerintah Arab Saudi. Ini agar dipahami bersama oleh seluruh jemaah,” ujarnya.

Kemudian, ada 13 jemaah asal Indonesia yang terkonfirmasi positif dari hasil tes swab yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Mereka lalu diisolasi di hotel tempat jemaah menginap sampai dengan 10 hari sejak terkonfirmasi positif.

“Setelah itu, mereka meninggalkan Makkah untuk kembali ke Indonesia,” kata Oman.

Lalu, para jemaah umrah asal Indonesia yang berangkat pada 1 dan 3 November 2020, tidak dapat melanjutkan ziarah ke Madinah. Hal itu terjadi karena terdapat kasus positif dalam rombongan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini