Abdul Basit Jadi Korlap Unjuk Rasa BEM Seluruh Indonesia Hari Ini

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Unjuk rasa yang dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI), Kamis 17 Oktober 2019 dikomandani M Abdul Basith. Unjuk rasa yang diikuti ratusan mahasiswa dari 20 perguruan tinggi  se Jabodetabek itu berlangsung tertib dari bubar pada pukul 16.00 WIB.

“Mahasiswa menginginkan Presiden Jokowi jangan bimbang mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) KPK,” ujar Basith yang mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu.

Titik kumpul para mahasiswa tersebut berada di Patung Kuda sekitar pukul 15.00 WIB. Sedianya mereka akan berjalan kaki ke Istana Negara, namun jalan-jalan di sekitar Monas banyak sudah ditutup untuk pengamanan pelantikan Presiden, Minggu 20 Oktober 2019.

Unjuk rasa yang antara lain diikuti Universitas Nasional dan BSI tersebut dimaksudkan sebagai pengingat bahwa UU KPK hasil revisi sudah bisa diundangkan, sebab melewati 30 hari setelah persetujuan rapat paripurna DPR.

Aparat keamanan yang dikerahkan juga tidak begitu banyak. Pantauan minews.id, hanya ada 100 anggota kepolisian yang mengamankan unjuk rasa tersebut. Sebagian besar adalah polisi wanita.

Mahasiswa peserta unjuk rasa membubarkan diri setelah mereka tidak berhasil melakukan negosiasi untuk membuka barikade di sekitar patung kuda tersebut. (Yuri Giantini)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini