8 Fakta Menarik Iriana Jokowi yang Sedang Ulang Tahun ke-57, Sudah Tahu?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanggal 1 Oktober ini, Iriana Joko Widodo (Jokowi) merayakan ulang tahun yang ke-57. Ibu Negara yang setia mendampingi Jokowi ini lahir di Surakarta Jawa Tengah.

Perempuan kelahiran 1963 ini adalah anak pertama dari lima bersaudara dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Orangtua Iriana adalah seorang guru.

Menjadi istri orang nomor satu di Indonesia, Iriana terlihat sebagai seorang sosok yang pendiam dalam setiap kehadirannya. Meski terkesan demikan, banyak fakta menarik tentang ibu tiga anak ini.

Penasaran apa saja? Berikut ini adalah 8 fakta menarik Iriana Jokowi yang mungkin Kamu belum tahu:

1. Nama Iriana memang terdengar berbeda dari nama-nama saudara kandungnya, Anik, Anto, Andi, dan Anjas. Penamaan Irianadiberikan kakeknya yang merupakan seorang guru di Irian Jayapura, Papua, sebelum tahun 1960-an.

2. Empat orang saudara Iriana merupakan teman baik dari Lit Sriyantini, adik Joko Widodo. Kegemarannya mengunjungi Lit inilah yang kemudian mempertemukannya dengan Joko Widodo.

3. Setelah berpacaran selama empat tahun lebih, Iriana resmi menikah dengan Jokowi pada 24 Desember 1986. Iriana telah dikaruniai tiga orang anak, antara lain Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

4. Iriana setia mendampingi Jokowi mulai suaminya menjadi karyawan, merintis usaha sendiri, hingga Jokowi silantik menjadi seorang presiden.

5. Meskipun menjadi Ibu Negara, Iriana kerap berpenampilan sederhana dalam berbagai acara. Sama sepertinya sang suami, Iriana juga dikenal sebagai wanita yang ramah, dan bersahaja.

6. Pernah menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta 2012-2014, saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, saat suaminya menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Iriana menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Surakarta sejak 2005-2015.

7. Mengikuti jejak sang suami, Iriana gemar dengan burung. Bahkan hobinya ini sering dilakukan saat berkesempatan untuk blusukan ke pasar burung. Diketahui baik Iriana ataupun Jokowi, sama-sama mengoleksi jenis burung parkit, jalak dan perkutut.

8. Merakyat banget, Iriana doyan makanan khas ‘wong ndeso’ alias orang kampung. Makanan kesukaan Iriana di antaranya ada bakmi godog, sate kare, sego liwet, dan sate buntel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini