533 Juta Data Pengguna Facebook Dilaporkan Bocor, Ratusan Ribu Berasal dari Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kebocoran data pengguna Facebook kembali terjadi. Kali ini sebanyak 533 juta data seperti nomor telepon, nama lengkap, ID, lokasi, tanggal lahir, bahkan alamat email dilaporkan bocor.

Dilaporkan ada 106 negara yang terkena imbas kebocoran tersebut. Kebocoran terjadi di Amerika Serikat hingga lebih dari 32 juta pengguna, 11 juta pengguna di Inggris, dan 6 juta pengguna di India. Sementara di Indonesia terkena lebih dari 130 ribu.

Pihak Facebook membenarkan telah terjadi kebocoran tersebut. Juru Bicara Facebook, menjelas bahwa kebocoran melanda data lama yang sebelumnya dilaporkan pada 2019. “Kami menemukan dan memperbaiki masalah ini pada Agustus 2019,” kata Facebook dilansir BBC, Minggu 4 April 2021.

Facebook mengaku sudah menambal kerentanan tersebut, meskipun malah menimbulkan potensi kebocoran. Jadi, ketika di luar dari jaringan Facebook, perusahaan tak memiliki kekuatan lebih untuk menghentikan penyebarannya secara daring.

Meski sudah terjadi dua tahun lalu, data pengguna Facebook yang bocor dapat memberikan informasi berharga bagi penjahat siber yang menggunakan informasi pribadi seseorang untuk menyamar atau melakukan penipuan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini