50 Roket Ditembakkan Israel dalam Waktu Semalam

Baca Juga

MATA INDONESIA, GAZA – Pasukan Israel menggempur Gaza melalui serangan udara dan gerilyawan Hamas memperbarui serangan roket lintas batas pada Rabu (19/5). Kedua pihak melanjutkan konflik yang telah menyebabkan kerusakan luas di wilayah Palestina dan Israel.

Pejabat medis Gaza mengatakan 219 orang meninggal dunia sejak pertempuran berkobar pada 10 Mei, dan pihak berwenang Israel menyebutkan jumlah korban tewas di Israel sebanyak 12 orang.

Upaya diplomatik regional yang dipimpin Amerika Serikat untuk mengamankan gencatan senjata telah meningkat tetapi sejauh ini gagal. Pun dengan kecaman sejumlah pemimpin dunia tak mampu menghentikan konflik kedua pihak tersebut.

Dalam serangan 25 menit semalam (waktu setempat.red), negara yang dipimpin oleh Presiden Reuven Rivlin itu membombardir sasaran termasuk yang menurut militernya adalah terowongan di Jalur Gaza selatan yang digunakan oleh Hamas –faksi yang memerintah Gaza.

Hampir 450 bangunan di Gaza yang berpenduduk padat telah hancur atau rusak parah, termasuk enam rumah sakit dan sembilan pusat kesehatan perawatan primer, serta lebih dari 52 ribu warga Palestina telah mengungsi, kata badan kemanusiaan PBB, UNHCR.

Kerusakan telah meninggalkan kawah besar dan tumpukan puing di daerah kantong pantai dan memperdalam kekhawatiran jangka panjang mengenai kondisi kehidupan di Kota Gaza.

“Siapa pun yang ingin belajar tentang kemanusiaan (Israel) harus datang ke Jalur Gaza dan melihat rumah-rumah yang dihancurkan, selain mereka yang tinggal di dalamnya,” kata dosen universitas Ahmed al-Astal, berdiri di dekat puing-puing rumahnya di Khan Younis di Gaza selatan, melansir Reuters, Rabu, 19 Mei 2021.

Dia mengatakan tidak ada peringatan sebelum rumahnya hancur dalam serangan udara sebelum fajar. Menepis pernyataan tersebut, Israel mengatakan pihaknya mengeluarkan peringatan untuk mengevakuasi bangunan yang akan ditembaki dan hanya menyerang apa yang dianggap sebagai target militer.

Para pemimpin Israel terus melakukan serangan terhadap Hamas dan kelompok militan lainnya. Sekitar 50 roket ditembakkan semalam dari Gaza, kata militer Israel.

Sirene berbunyi di kota pesisir Ashdod, selatan Tel Aviv, dan di komunitas yang dekat dengan perbatasan Gaza, membuat orang-orang berlarian ke tempat penampungan. Tidak ada laporan kerusakan atau cedera, tetapi tembakan roket selama berhari-hari telah meresahkan banyak orang.

Hamas mulai menembakkan roket sembilan hari lalu sebagai pembalasan atas apa yang dikatakannya sebagai pelanggaran hak Israel terhadap warga Palestina di komplek Masjid Al-Aqsa, Yerusalem selama bulan suci Ramadhan.

Serangan roket itu menyusul bentrokan polisi keamanan Israel dengan jamaah di Masjid al-Aqsa dan kasus pengadilan oleh pemukim Israel untuk mengusir warga Palestina dari lingkungan di Yerusalem Timur yang dianeksasi Israel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kawal Ruang Digital, Pemuda Berperan Penting Wujudkan Pilkada Damai

Pemuda memiliki peranan yang sangat penting untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berjalan dengan lancar dan damai. Salah satu...
- Advertisement -

Baca berita yang ini