30 Ribu Lahan di Sumut Dicetak Jokowi Jadi Lumbung Pangan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah fokus membangun food estate atau lumbung pangan di Sumatera Utara (Sumut). Total yang dibangun seluas 30 ribu hektare (ha), namun tahun ini targetnya 1000 ha lahan yang sudah ditanami komoditas.

Tahap awal pembangunan dilakukan di Kabupaten Humbang Hasundutan saja. Pengerjaannya dilakukan gotong royong, 215 ha oleh Kementerian Pertahian lewat APBN dan 785 ha oleh swasta.

“Lahan-lahan itu akan menjadi bagian dari contoh dari koperasi pertanian dari hulu ke hilir, dari budidaya pascapanen, kemudian di industri,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan di Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020.

Jokowi mengatakan potensi lahan yang dapat dikembangkan di Sumatera Utara mencapai 61.042 ha.

Tapi, lumbung pangan hanya dibangun di 30 ribu ha saja. Selain Humbang Hasundutan, tiga daerah lainnya yaitu Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Utara.

Khusus ini Humbang ini, ada tiga komoditas yang ditanam, yaitu kentang, bawang merah dan bawang putih. “InsyaAllah ini udah dimulai tanamnya dan hasilnya kita lihat kira-kira nanti 2 sampai 2 setengah bulan,” kata Jokowi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini