2,4 Ton Garam Ditabur ke Udara untuk Cegah Banjir Lagi di Jabodetabek

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-TNI Angkatan Udara menaburkan 2,4 ton garam ke awan menggunakan pesawat CN-295 A-2901 Skadron Udara 2 di Lanud Halim Perdanakusuma.

Upaya tersebut merupakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan untuk menyemai awan agar tak terjadi hujan.

“Pada ketinggian 10.000 sampai dengan 12.000 feet pesawat CN-295 akan menabur garam di awan yang berpotensi hujan,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Selasa 23 Februari 2021.

Adapun proses penaburan garam tersebut dilakukan di wilayah Selat Sunda, Ujung Kulon, dan Lampung Timur. Diharapkan proses tersebut membuat hujan tidak masuk ke daerah Jabodetabek.

Selain itu, pihaknya juga berharap kalau modifikasi cuaca yang dilakukan dapat mengurangi risiko banjir seperti yang terjadi di Jabodetabek beberapa hari lalu.

Kegiatan TMC tersebut merupakan bentuk kerjasama antara TNI Angkatan Udara dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini