Tokoh Adat Biak dan Teluk Kimi Nilai Otsus Datangkan Banyak Perubahan untuk Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, BIAK – Tokoh Adat (Mananwir) Kankain Karkara Byak Selatan Yosep Daut Korwa menilai kebijakan Otsus Papua telah memberikan banyak perubahan untuk Bumi Cenderawasih.

“Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan yaitu mendukung dan melakukan koordinasi kepada pempus dan stakeholder guna melanjutkan keberlanjutan Otsus jilid II,” katanya, dikutip Kamis 14 Oktober 2021.

Ia pun berharap dana Otsus jilid II bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua, terutama Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

“Masih banyak biaya yang dibutuhkan untuk membangun Kabupaten Puncak. Untuk itu, pemda masih membutuhkan dana Otsus jilid II untuk pembangunan dalam rangka menunjang infrastruktur, demi tercapainya program pemerintah pusat di Kabupaten Puncak,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Tokoh masyarakat Kampung Samabusa, Teluk Kimi Rudi Irsun. Menurutnya, kebijakan Otsus di Papua merupakan kebijakan yang sangat bagus dari pemerintah pusat, jika dijalankan dengan benar.

Ia mengakui bahwa sejauh ini Otsus telah memberikan banyak perubahan untuk Tanah Papua. “Papua menjadi lebih baik dengan banyaknya infrastruktur yang dibangun serta pemerataan pendidikan bagi anak-anak Papua,” katanya.

Meski demikian, ia berharap ada evaluasi dan revisi mengenai pelaksanaan Otsus di Papua. Tujuannya untuk menghindari penyelewengan dana Otsus yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini