2023, Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti Bakal Dimulai

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Rencana pemerintah menerapkan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar rol tanpa henti bakal dimulai pada akhir 2023. Penerapan sistem ini dilakukan untuk mencapai standar pelayanan minimum yang lebih baik.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, mengatakan sistem tol MLFF merupakan teknologi sistem transaksi nirsentuh non-tunai yang memungkinkan pengguna jalan tol melaju tanpa hambatan dengan kecepatan normal, serta tidak perlu lagi mengurangi kecepatan atau berhenti di gerbang tol.

Terkait Intelligent Transportation System atau ITS, tambahnya, pemerintah berupaya menerapkan konsep ini pada level operasional.  Targetnya, sistem MLFF dapat dioperasionalkan di jalan-jalan tol Indonesia pada akhir tahun 2023.

Seiring perkembangan dalam teknologi industri mobil, khususnya autonomous vehicle, maka Kementerian PUPR harus mempersiapkan sistem jalan tol yang dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi tersebut.

Dengan demikian terkait ITS, Hedy menyatakan pentingnya semacam peta jalan untuk mewujudkan konsep ITS ini.

Menurut dia, konsep ITS berperan dalam melakukan pemantauan arus lalu lintas secara seketika di jalan tol melalui kamera CCTV pintar, teknologi Road Traffic Microwave System (RTMS), dan sumber data lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini