Ragam Soto Terkenal dan Enak yang Ada di Indonesia.

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia memiliki berbagai macam jenis kuliner dengan rasa yang enak, salah satu kuliner yang terkenal adalah Soto. Soto adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang bahan dasarnya berupa kuah kaldu, daging dan sayuran. Biasanya soto disajikan bersama nasi, bubur ataupun lontong. Soto pun memilki beragam jenis ada yang berkuah bening ada juga yang berkuah santan. (Mutiara Putri Kinasih)

  1. Soto Madura. Soto Madura adalah salah satu jenis soto paling terkenal yang berasal dari daerah Madura. Soto madura ini terbuat dari beberapa bahan utama seperti daging sapi, telur rebus dan kuah kaldu. Ciri khas yang dimiliki oleh soto Madura adalah kuahnya yang tidak menggunakan santan serta daging sapi yang digunakan berasal dari bagian sandung lamur.
  2. Soto Betawi. Soto Betawi menggunakan daging ataupun jeroan sebagai bahan utamanya serta sayuran seperti tomat, jeruk nipis, daun bawang dan juga emping sebagai bahan pelengkapnya. Ciri khas yang dimiliki oleh soto Betawi yang membuatnya beda dari jenis soto yang lainnya adalah kuahnya yang menggunakan campuran santan dan susu.
  3. Soto Bandung. Sama seperti soto yang lainnya, soto Bandung juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Yang membedakan antara soto Bandung dengan soto yang lainnya adalah adanya tambahan lobak dan juga kacang kedelai goreng pada kuahnya.
  4. Soto Lamongan. Soto Lamongan adalah salah satu kuliner khas wilayah Lamongan, Jawa Timur. Berbeda dari 3 jenis soto diatas, soto Lamongan ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya.
  5. Soto Kudus. Soto Kudus adalah salah satu soto ayam paling terkenal dari Jawa tengah. Soto khas kota kretek ini biasanya dihidangkan dalam mangkuk porselen berukuran kecil untuk satu porsinya.
  6. Soto Medan. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh soto Medan adalah adanya perkedel serta kuah santannya yang kental dan berwarna kuning.
  7. Soto Tasikmalaya. Soto Tasikmalaya berbahan utama suwiran ayam dan kuah bersantan yang berasal dari wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat.
  8. Soto Padang. Soto padang adalah sebuah hidangan berkuah kaldu sapi yang dilengkapi dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering, bihun, kerupuk sagu, perkedel tomat, jeruk nipis dan taburan bawang goreng. Ciri khas dari soto Padang yang tidak dimiliki soto lainnya adalah daging sapinya yang digoreng kering terlebih dahulu.
  9. Soto Banjar. Soto Banjar adalah salah satu jenis soto paling terkenal di wilayah Kalimantan Selatan yang berasal dari daerah Banjar. Soto ini terkenal karena aroma harum yang khas pada kuahnya yang berasal dari rempah rempah seperti kayu manis, pala dan cengkeh.
  10. Coto Makassar. Coto Makassar atau dikenal juga sebagai coto Mangkasara. Soto yang satu ini menggunakan daging jeroan sapi yang direbus lama sebagai bahan utamanya dan daun bawang serta bawang goreng sebagai pelengkapnya.

Berikut ragam soto terkenal dan enak di Indonesia :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini