Sejarah Kejuaraan Piala Dunia Antarklub

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Piala Dunia Antarklub tak kalah seru dengan Piala Dunia Antarnegara. Kejuaraan ini menghadirkan para jawara klub dari setiap konfederasi benua anggota FIFA yang sudah dirintis sejak lebih dari satu abad lalu.

Pada edisi 2020, yang semula dijadwalkan pada Desember 2020, ada tujuh tim yang mengikuti turnamen ini. Di antaranya, kampiun Liga Champions UEFA 2019-2020, Bayern Muenchen. Selain itu, ada Palmeiras (Juara Piala Libertadores 2020), Al Ahly (Juara Liga Champions CAF 2019-2020), Ulsan Hyundai (Juara Liga Champions AFC 2020),UANL (Juara Liga Champions CONCACAF 202), Al-Duhail yang bertindak sebagai tuan rumah, dan Auckland City (tim yang diwakilkan untuk OFC, namun mengundurkan diri terkait karantina yang diterapkan Selandia Baru).

Format Piala Dunia Antarklub saat ini mengikuti format yang sudah dibentuk sejak 2005. Juara-juara Liga Champions dari Asia, Oseania, Afrika, dan Amerika Tengah akan memulai perjuangannya dari babak perempatfinal, sementara juara Liga Champions Eropa dan juara Copa Libertadores bersantai menunggu di semifinal.

Sebenarnya turnamen ini sudah diperjuangkan sejak abad ke-19 ketika juara Piala Skotlandia, Hibernian, bertemu dengan semifinalis Piala FA Inggris, Preston North End. Namun, laga yang dimenangkan Hibernian itu tidak diakui secara resmi oleh FIFA sebagai cikal bakal Piala Dunia Antarklub.

FIFA baru membentuk ganda serupa bertajuk Sir Thomas Lipton Trophy sebagai awal pertemuan klub-klub juara dari berbagai negara dan benua yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, kejuaraan ini tidak berlangsung secara berkesinambungan. Jules Rimes, Presiden ketiga FIFA, lantas mengadopsi ide pertemuan klub-klub juara dari benua yang berbeda dalam ajang Copa Rio.

Kejuaraan lain bernama Pequena Copa del Mundo yang digelar pada 1963 dan 1965 juga mempertemukan klub-klub Eropa dan Amerika Selatan. Tournoi de Paris, Interamerican Cup, Afro-Asian Club Championsip, serta Intercontinental Cup menjadi ajang lain yang mempertemukan kesebelasan top Eropa dan Amerika Selatan serta menjadi cikal bakal Piala Dunia Antarklub.

Intercontinental Cup sempat tenar pada 1980-an hingga awal 2000-an dengan nama Piala Toyota. FIFA kemudian memandang penting penyelenggaraan Piala Dunia Antarklub dengan format setengah kompetisi pada 2000. Meskipun pada edisi tahun 2021, turnamen ini batal terselenggara karena berbagai faktor terutama masalah yang melibatkan partner pemasaran FIFA.

Piala Dunia Antarklub kembali digelar pada 2005 dengan format yang berbeda dan jauh lebih simpel dari sebelumnya. Sebanyak 15 edisi Piala Dunia Antarklub FIFA telah dimenangkan oleh sembilan klub berbeda. Real Madrid menjadi klub tersukses dengan memenangkan empat gelar.

Reporter: Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini