Perjalanan Karir Alan Walker, Belajar dari DJ Italia hingga Mendunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Alan Walker telah menjelma jadi salah satu musisi paling berpengaruh saat ini. Usianya masih muda, ia kelahiran 24 Agustus 1997, namun karya-karyanya sudah menggema seantero jagat,

Perjalanan Walker menjadi produser dan DJ ternama tidak lah mudah. Ia memulai dari rasa penasaran, hingga harus putus sekolah demi karir.

Berikut, kisah perjalanan Alan Walker dalam dunia musik yang melambungkan namanya.

1. 2012-2014

Awalnya di tahun 2012, Walker remaja hanya mendengarkan dan mengagumi David Whistle alias DJ Ness. Kemudian, ia berguru pada seorang DJ Italia tentang cara memproduksi musik.

Bemodal sebuah laptop, DJ berkebangsaan Inggris-Norwegia ini mulai mengerjakan karyanya sendiri. Tahun 2014, ia masuk label rekaman, dengan single ‘Fade’, yang kemudian berubah menjadi ‘Faded’.

Single ini ditonton hingga 200 juta kali di YouTube dan 50 juta kali diputar di Spotify. Alan Walker mulai punya nama.

2. 2015

Setelah Fade meledak, Walker menandatangani kontrak dengan label rekaman MER Musikk, yang merupakan perusahaan di bawah Sony Music Sweden.

Fade diubah menjadi Faded, lalu dirilis pada 3 Desember 2015 dengan tambahan vokal dari penyanyi bernama Iselin Solheim.

Saking fenomenalnya lagu ini, Faded menempati puncak tangga lagu di Amerika Serikat, Norwegia, Finlandia, Swedia, Italia, Spanyol, Jerman, Inggris, dan banyak negara Asia.

3. 2016

Melihat betapa suksesnya Faded, Walker memutuskan untuk berhenti dari SMA pada Januari 2016. Pada 27 Februari, bersama Iselin Solheim, Alan Walker memulai debutnya di televisi di sebuah acara besar di Oslo.

Pada tahun ini, Walker memproduksi hingga 40 lagu, namun tak semuanya masuk label rekaman.

Masih dengan vokalis yang sama, pada Juni, Walker merilis lagu hit lainnya, Sing Me to Sleep. Kemudian ia merilis Alone pada Desember. Semua lagunya di tahun ini benar-benar meledak.

4. 2017

Di tahun ini, Walker masih mengulang kesuksesan yang sama. Ia merilis beberapa lagu yang meledak di pasar, seperti Tired, All Falls Down dan The Spectre.

Walker berkolaborasi dengan banyak orang dalam proyeknya, seperti K-391, Noah Cyrus dan Digital Farm Animals.

5. 2018

Alan Walker juga merilis beberapa single hit lainnya, seperti Darkside, Diamond Heart dan On My Way yang menjadi soundtrack game PlayerUnknown’s Battleground alias PUBG Mobile.

6. 2019

Terakhir, Alan Walker merilis single baru Are You Lonely, yang masuk dalam album debutnya, Different World.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini