foto-puncak-garuda-merapi-tahun-2010
Foto Puncak Garuda Merapi tahun 2010. (anekainfounik.wordpress.com)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gunung Merapi yang terletak di wilayah DIY dan Jawa Tengah itu menyimpan berbagai mitos dan misteri. Banyak yang beranggapan Gunung dengan ketinggian 2.930 mdpl itu dikuasai oleh kerajaan makhluk halus.

Melansir pendakigunung.top, terdapat beberapa misteri yang melekat pada Gunung Merapi. Berikut ulasannya :

1. Keberadaan Kerjaan Merapi
Di Gunung Merapi terdapat keraton yang dihuni oleh bangsa makhluk halus. Kepercayaan itu sudah ada sejak Kerajaan Majapahit. Dalam legenda diceritakan Kerajaan Merapi membantu Kerajaan Majapahit saat perang melawan Kerajaan Pajang. Kerajaan itu memuntahkan material dari dalam perutnya sampai melenyapkan seluruh penduduk Kerajaan Pajang.

Untuk mengenang jasa-jasa Kerajaan Merapi dahulu, setiap tahun penduduk sekitar mengadakan ritual atau upacara dalam bentuk keagamaan tanah Jawa. Selamatan Labuhan termasuk salah satu ritual yang diadakan rutin tiap tanggal 30 rajab sesuai dengan tanggal kelahiran Sri Sultan Hamengku Buwono X.

2. Nyai Gadung Melati Sebagai Pimpinan Pasukan Keraton Merapi
Kawasan yang dikenal angker lainnya adalah Gunung Wutoh. Tempat ini diyakini sebagai gerbang Kerajaan Merapi yang pusatnya terletak pada kawah. Gerbang di Gunung Wutoh dijaga jin sakti yaitu Nyai Gadung Melati.

Menurut penduduk setempat, sosok perempuan itu yang berperan sebagai pemimpin pasukan Kerajaan Merapi. Tugasnya melindungi kerajaan dan menjaga hewan-hewan di kawasan Gunung Merapi.

Bila gunung akan erupsi akan memperingatkan penduduk sekitar agar berpakaian hijau daun melati melalui mimpi para penduduk.

3. Terdengar Suara Tangis Di Bunker Kaliadem
Awalnya bunker ini dibuat untuk tempat berlindung jika terjadi lahar panas yang mengalir turun dari Gunung Merapi. Namun, dua orang tewas dalam bunker saat berlindung. Hal tersebut membuat suasana bungker terasa angker.

Saat seorang sedang mengunjungi bunker tersebut, ia melihat seisi bunker, salah satunya terdapat batuan tak berbentuk bekas lahar panas yang telah mendingin. Setelah selesai melihat-lihat, saat hendak keluar, pada langkah pertamanya ia mendengar suara tangisan perempuan yang berasal dari dalam bunker tersebut.

4. Misteri Puncak Garuda
Pasti Kamu masih teringat tentang kasus tergelincirnya seseorang saat selfie di dekat kawah Merapi. Ya, Erri Yunanto sedang berselfie di atas batu namun naas ia tergelincir ke dalam kawah.

Banyak orang berpendapat bahwa batu yang dipijak almarhum Erri saat itu mirip dengan batu besar yang menjulang bernama Puncak Garuda. Padahal, batu tersebut dikabarkan sudah hilang sejak tahun 2010 akibat letusan Gunung Merapi.

5. Penampakan Awan Mirip Mbah Petruk Tahun 2010
Konon diceritakan jika Mbah Petruk menampakkan dirinya, berarti adalah tanda gunung akan meluapkan isinya. Hal itu benar terjadi pada tahun 2010.

Sebelum letusan yang dahsyat, seorang penduduk mengabadikan momen aneh saat itu asap kawah berbentuk seperti Mbah Petruk. Saat setelah itu, letusan gunung yang dahsyat pun terjadi.

6. Barisan Tempat Angker Di Gunung Merapi
Ada beberapa hutan-hutan dalam Gunung Merapi yang angker. Salah satunya adalah Hutan Patuk Alap-Alap, dipercaya merupakan tempat ternak hewan – hewan dari Kerajaan Merapi, termasuk kuda gaib. Adapun Hutan Blumbang tepat macan putih, Hutan Gamelan diyakini pendaki sering mendengar suara gamelan Jawa, Hutan Bingungan dimana saat memasukinya membuat suasana mistis dan linglung, dan diseluruh wilayah gunung mempunyai hewan penunggunya masing-masing.

7. Penampakan Batu Alien
Saat letusan dahsyat di tahun 2010, batu-batu melayang ke langit dan terhempas di kawasan rumah penduduk. Di antara batu-batu tersebut bentuknya sangat aneh dan unik, menyerupai wajah alien. (Budiyani Rahmawati)

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here