Mengenal Kelompok Mafia Terkejam di Italia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Polisi Italia melakukan operasi besar-besaran terhadap mafia. Mereka berhasil menangkap puluhan tersangka di dekat Napoli, Roma, dan Agrigento di Sisilia.

Perdagangan narkoba, senjata, pemerasan, pembunuhan, penyuapan politisi, prostitusi, hingga pencurian benda-benda seni menjadi kasus yang paling sering dilakukan oleh kelompok-kelompok mafia di sana. Lalu siapa saja mafia itu?

Cosa Nostra – Mafia Sisilia

Mafia ini menjadi model bagi mafia-mafia lainnya. Awalnya mereka mengambil alih peradilan di lingkungan kecil sejak 1800-an yang kemudian berkembang lebih canggih. Kata Cosa Nostra berarti “urusan kita”.

Kelompok ini dikenal dengan kode etik yang disebut omerta, yaitu kewajiban tutup mulut dan menuntut kesetiaan penuh. Jika berkhianat maka berisiko untuk disiksa dan dibunuh, bahkan ancaman terhadap keluarga mereka.

Hingga kini mereka masih sering jadi pihak yang diminta menyelesaikan sejumlah sengketa bisnis, mengembalikan barang-barang curian di Sisilia. Meski begitu, banyak pula yang membenci mereka karena mengenakan pizzo, istilah di Sisilia untuk menyebut uang perlindungan sebagai perasan dari kalangan bisnis.

Di Amerika Serikat, mereka jadi terkenal setelah menjadi kawanan bandit Italia, yang melakukan pemerasan dan tukang pukul di Chicago, New York, dan beberapa kota lainnya. Mafia ini terus berkembang di era pelarangan alkohol atau Prohibition tahun 1920-an.

FBI di Amerika Serikat mengatakan sindikat kejahatan itu umumnya terpisah dari klan mafia di Italia. Perdagangan heroin tetap menjadi bisnis inti bagi mafia itu.

Cosa Nostra dikatakan “berperang” dengan Italia ketika mereka dipimpin oleh Salvatore “Toto” Riina. Ia dikenal sebagai salah satu bos mafia terkejam yang terkenal di Italia. Julukannya bermacam-macam, seperti Toto u Curtu (Toto si Pendek) hingga II Capo dei Capi (Bos dari Segala Bos).

Camorra – Mafia Napoli

Di Napoli, Italia Selatan, terdapat sebuah kelompok mafia bernama Camorra yang anggotanya diperkirakan berjumlah 4.500 orang.

Mereka adalah salah satu kelompok mafia Italia tertua yang muncul pada abad ke-17. Bisnis utama mereka adalah narkoba. Dalam beberapa kesempatan, mereka dilaporkan sering memeras bisnis konstruksi atau pengolahan sampah.

Sasaran utama mereka terutama adalah pabrik Cina yang memproduksi busana Italia bajakan. Tindakan Camorra yang kejam dan brutal sempat dibukukan oleh jurnalis Italia bernama Roberto Saviano berjudul Gomorrah.

Ndrangheta – Mafia Calabria

Kota Calabria terletak di ujung selatan Italia, dekat Sisilia. Kelompok ini awalnya merupakan cabang dari Cosa Nostra. Nama ‘Ndrangheta berasal dari bahasa Yunani “andragathia”, yang berarti keberanian atau kesetiaan.

FBI memperkirakan jumlah anggota mereka terdiri dari 6.000 orang. Mereka berbasis di salah satu wilayah termiskin di Italia.

Kelompok ini mengkhususkan diri pada perdagangan kokain. Sebanyak 80 persen perdagangan kokain di Eropa dikendalikan kelompok ini. ‘Ndrangheta memiliki hubungan langsung dengan kelompok kejahatan di Meksiko dan Kolombia. ‘Ndrangheta juga dituduh menyelewengkan dana negara yang ditujukan untuk para migram miskin di Calabria.

Sacra Corona Unita – Mafia Puglia

Sindikat mafia terkecil dari Italia yaitu Sacra Corona Unita (Mahkota Suci Bersatu) berbasis di Puglia, kota kecil di tenggara Italia.

FBI menyebutkan kelompok ini beranggotakan sekitar 2.000 orang dan mengkhususkan diri dalam penyeludupan rokok, senjata, narkoba, dan manusia. Puglia adalah jalur alam untuk penyeludupan dari Balkan. Kelompok ini diyakini memiliki hubungan kuat dengan kelompok-kelompok kejahatan di Eropa Timur.

Reporter : Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini