Leon Trotsky. (Foto: Ist)

MATAINDONESIA, JAKARTA – Leon Trotsky menjadi orang kepercayaan Vladimir Lenin. Ia dipercaya dapat menggantikan posisi Lenin sebagai Sekretaris Jenderal Komite Pusat Partai Komunis Rusia.

Leon Trotsky adalah seorang revolusioner Marxis Rusia dan politikus Soviet. Trotsky lahir pada 7 November 1879 di Kherson. Trotsky adalah seorang pendukung gerakan Menshevik Internationalist, bagian dari Partai Buruh Sosial Demokratis. Trotsky bergabung dengan Bolsheviks segera setelah revolusi oktober pada 1917.

Bersama Lenin dan kaum Bolshevik di Rusia, Trotsky memimpin Revolusi Oktober. Revolusi ini berhasil mendirikan negara buruh pertama di muka bumi. Pada akhir abad ke-19, generasi Marxis Rusia lahir. Generasi ini terdiri dari Trotsky, Lenin, Kamenev, Zinoviev, Kollontai, Sverdlov, Bukharin, dan lainnya.

Aktivitas revolusioner pertama Trotsky adalah membentuk Serikat Buruh Rusia Selatan pada awal 1897. Dia menulis selembaran, artikel pamphlet, dan deklarasi untuk mempopulerkan ide-ide revolusioner di antara kaum buruh industri dan mahasiswa.

Trotsky menulis dengan nama pena Lvov. Pada Januari 1898, Trotsky dipenjara 2 tahun dan diasingkan ke Siberia pada 1900 bersama rekan-rekannya.

Pada awalnya, Trotsky bukanlah seorang Marxis. Dia merangkul ide populisme revolusioner dengan heroisme dan romantismenya. Trotsky berdiskusi dan berdebat dengan segelintir Marxis di kelompoknya. Dia kemudian menerima Marxisme sebagai ideologi perjuangan dan tidak pernah menengok ke belakang lagi.

Di penjara dan pengasingan, Trotsky menyelami teori Marxis. Dia terus aktif menulis. Trotsky memutuskan lari dari Siberia dan bergabung dengan Lenin. Pada 1902 dia menemui rekan seperjuangannya di London dan menjadi pemimpin Revolusi Oktober, 15 tahun kemudian.

Trotsky menjadi murid dari para editor Iskra. Dia menyerap ilmu Marxisme dari para tetua Marxis Rusia, terutama Axelrod dan Zasulich. Pada kongres Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia 1903, hubungan antara Lenin dan Trotsky retak. Lenin ingin memperkecil dewan editor Iskra dari 6 anggota menjadi 3 dengan mengeluarkan Axelrod dan Zasulich.

Selain itu, usulan Lenin untuk memperketat keanggotaan partai juga ditentang oleh Trotsky. Trotsky akhirnya keluar dari faksi Menshevik tahun 1904. Pada 1917, dia berada di luar faksi Menshevik dan Bolshevik. Trotsky berusaha menyatukan kedua faksi ini demi kemenangan kelas proletariat.

Secara politik, gagasan Trotsky lebih dekat dengan Lenin dan Bolshevik. Trotsky terus mengkritik berbagai tendensi reformis kaum Menshevik. Trotsky dipercayakan memimpin Komite Militer Revolusioner Petrograd yang mengorganisir perebutan Petrograd dan Istana musim dingin.

Ia dipercayakan Lenin untuk membentuk Tentara Merah dan memimpin, serta mempertahankan Uni Soviet dari Tentara Putih serta 21 pasukan negara imperialis yang mengepungnya.

Pada awal terbentuknya Soviet, Trotsky menjadi Komisaris Hubungan Internasional. Setelah itu, dia mendirikan Reds Army menjadi Komisaris Militer dan Pertahanan. Trotsky juga merupakan sosok penting dalam kemenangan Bolshevik pada perang sipil di Rusia pada 1918 hingga 1920.

Trotsky adalah penentang utama dari Stalin yang berkuasa di Uni Soviet setelah Lenin meninggal dunia. Trotsky menjadi seorang pemimpin oposisi sayap kiri dari pemerintahan Stalin. Trotsky menentang kerja sama Stalin dengan Hitler dalam bentuk perjanjian non-agresif.

Trotsky mencetuskan berbagai ide yang membuahkan Trotskyisme. Ia gagal memimpin perjuangan sayap kiri melawan peraturan dan pengangkatan Stalin. Akhirnya, Trotsky diusir dari Soviet dan dihilangkan kekuasaannya.

Stalin memerintahkan seorang agen untuk membunuh Trotsky di Meksiko. Agen tersebut berasal dari Spayol bernama Ramon Mercader. Trotsky adalah salah satu tokoh politik Rusia yang nama baiknya tidak dipulihkan pada masa pemerintahan Mikhail Gorbachev.

Nama baiknya baru dipulihkan pada 2001. Penentangan Trotsky terhadap salah satu pemerintahan terkuat di dunia ini juga menjadi inspirasi banyak orang.

Reporter : Ade Amalia Choerunisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here