Korea Utara, Negara yang Konsisten Menganut Paham Komunis

Baca Juga

MATA INDONESIA, PYONGYANG – Korea Utara, sebuah negara dengan populasi sekitar 25 juta jiwa, terletak di bagian utara Sementara Korea antara Laut Timur (Laut Jepang) dan Laut Kuning.

Secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea, atau DPRK. Negara ini didirikan tahun 1948 ketika Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet membagi kendali atas Semenanjung Korea setelah Perang Dunia II berdasarkan garis 38 derajat lintang utara sesuai dengan perjanjian yang diadakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Di mana Uni Soviet di bagian Utara dengan menerapkan paham komunis dan AS di bagian Selatan dengan paham dekmokratis. Pyongyang merupakan negara komunis yang sangat tertutup dan tetap terisolasi dari sebagian besar belahan dunia lainnya, bahkan hingga saat ini.

Terpecahnya Korea menjadi utara dan selatan telah menjadi preseden dalam sejarah Korea. Wilayah utara Semenanjung Korea, membentang di seluruh Manchuria ke perbatasan dengan Rusia dan Laut Jepang (dikenal sebagai “Laut Timur Korea” di Korea Utara, dan “Laut Timur” di Korea Selatan), melansir History.

Pada 17 Oktober 1926, seorang remaja bernama Kim Il-sung, yang kemudian menjadi pemimpin pertama Korea Utara, mendirikan Persatuan Bawah-Imperialisme. Gerakan ini merupakan propaganda untuk melawan imperialisme Jepang dan untuk mempromosikan paham Marxisme-Leninisme.

Kediktatoran komunis Kim Il-sung yang didukung Soviet mendeklarasikan Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) pada 9 September 1948. Pemerintah komunis mengklaim legitimasi tunggal untuk memerintah seluruh Semenanjung Korea.

DPRK menguasai bagian utara Korea yang diduduki Soviet dengan Pyongyang sebagai ibu kotanya. Sejak masuknya pasukan Soviet tahun 1945, struktur pemerintahan sementara telah diberlakukan di zona pendudukan dengan Kim Il-sung sebagai pimpinannya.

Kim pun dinobatkan menjadi Perdana Menteri DPRK. Meskipun Kim didukung oleh Soviet, ia hanya memiliki kontrol politik parsial pada saat itu. Di dalam partainya (Partai Buruh atau WPK) ada empat faksi terpisah.

Kim Tu-bong memegang jabatan ketua partai sementara. Sedangkan Kim Il-sung berbagi jabatan wakil ketua dengan Chu Nyong-ha. Ketiga pria itu berasal dari fraksi yang berbeda.

Selain itu, kekuatan politik non-komunis memegang pengaruh signifikan di Korea Utara. Dua partai non-komunis, yakni Partai Demokrat dan Partai Chongu Chondoist, tergabung dalam Front Demokratik dan memiliki massa pengikut sendiri.

Kim Il-sung secara bertahap memperkuat kendalinya atas urusan negara dan partai, menghilangkan semua musuh fraksional di dalam partai dan menetralisir sejumlah partai non-komunis.

Melansir New World Encyclopedia, pemerintahan Kim bergerak cepat untuk membangun sistem politik bergaya Soviet, dengan kekuatan politik dimonopoli oleh WPK. Pembentukan ekonomi komando pun diterapkan.

Nasionalisasi berbagai aset tersebut tahun 1946 menempatkan 70 persen industri di bawah kendali negara. Tahun 1949 persentase itu meningkat menjadi 90 persen. Sejak itu, hampir seluruh manufaktur, keuangan, dan perdagangan internal dan eksternal dikuasai negara.

Tahun 1954, kediktatoran Kim memerintahkan kolektivisasi parsial dengan petani didorong, seringkali dipaksa, ke dalam koperasi pertanian. Tahun 1958, kolektif melakukan hampir semua pertanian dan koperasi semakin bergabung menjadi unit produktif yang lebih besar.

Seperti semua negara komunis pascaperang, Korea Utara melakukan investasi besar-besaran negara dalam industri berat, infrastruktur negara dan pembangunan militer, mengabaikan produksi berbagai barang konsumsi.

Tahun 1958, ekonomi Korea Utara masih sangat bergantung pada bantuan dari Uni Soviet dan Cina, standar hidupnya tertinggal secara dramatis di belakang Korea Selatan. Sebagai akibat dari perubahan diktator itu, penduduk menderita kekurangan gizi dan kelaparan, sementara pers yang dikendalikan negara melukiskan gambaran yang cerah.

Terlepas dari kesengsaraan tersebut, hanya sedikit yang berani memprotes atau bahkan menyuarakan ketidakpuasan mereka karena takut ditangkap dan dibunuh di kamp kerja.

Kim Il-sung meninggal tahun 1994 dan putranya, Kim Jong-il, menggantikannya sebagai Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea sekaligus kepala negara de facto Korea Utara.  Sepanjang dekade pemerintahan Kim Jong-il, standar hidup ekonomi Korea Utara menurun drastis.

Selama periode 1996 – 1999 negara ini mengalami kelaparan skala besar yang menyebabkan sekitar 600-900.000 orang tewas dan satu generasi anak-anak menderita akibat kekurangan gizi jangka panjang. Namun gaya hidup Kim, dan gaya hidup pemimpin Korea Utara Kelas Baru, tidak berkurang sedikit pun.

Kim Jong-il mangkat pada 17 Desember 2011 dan digantikan oleh putranya, Kim Jong-un. Pada akhir 2013, paman Kim Jong Un, Jang Song-thaek ditangkap dan dieksekusi setelah diadili.

Menurut agen mata-mata Korea Selatan, Kim mungkin telah membersihkan sekitar 300 orang setelah mengambil alih kekuasaan. Tahun 2014, Komisi Penyelidikan PBB menuduh pemerintah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Tahun 2017, Korea Utara menguji Hwasong-15, sebuah rudal balistik antarbenua yang mampu menyerang di mana saja di AS. Perkiraan nuklir Korea Utara menunjukkan bisa memiliki lebih dari 60 bom, mungkin termasuk bom hidrogen. Selain itu, diyakini memiliki senjata kimia dan biologi.

Terbaru, negara yang konsisten menganut sistem komunis ini melaporkan bahwa Pyongyang kembali melepaskan rudal hipersonik. Ini merupakan yang terbaru dari serangkaian senjata anyar yang diuji negara tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini