Home Kisah Kisah Misteri Gunung Kunci yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Kisah Misteri Gunung Kunci yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri

0
1832
Gunung Kunci
Gunung Kunci

MATA INDONESIA, JAKARTA-Gunung kunci adalah salah satu saksi sejarah penjajahan Belanda yang saat ini dijadikan tempat wisata di Kota Sumedang. Salah satunya berdirinya bangunan benteng pertahanan Belanda yang ternyata memiliki kisah misteri dimana banyak kejadian horror dan sampai saat ini menjadi cerita masyarakat sekitar.

Menurut Ahmad Mustopa seorang travel vlogger dalam chanel youtubenya ‘Lanang Chanel’ mengatakan bahwa, Gunung Kunci didirikan sejak awal tahun 1914 hingga 1917 yang berlokasi di Jl. Pangeran Sugih Sumedang Jawa Barat.

Gunung Kunci merupakan obyek wisata sejarah, karena di dalamnya terdapat bangunan peninggalan kolonial Belanda yang fungsinya pada saat itu sebagai benteng pertahanan (bengker) Belanda.

Di balik fungsinya sebagai benteng pertahanan, goa gunung kunci memiliki kisah kelam didalamnya. Seperti penelusuran yang dilakukan chanel horor ‘Jurnal Risa’ dimana mereka mendapati banyak komunikasi dengan makhluk di dunia lain.

Dalam penelusurannya tim Jurnal Risa mengatakan bahwa banyak sekali kejadian yang sering dirasakan oleh masyarakat sekitar contohnya seperti, mendengar derap kaki tentara, penampakan wanita Belanda dan kepala terpenggal yang bericara dan memanggil warga dari dalam gua. Ada juga mitos yang diceritakan warga bahwa ada pohon yang menyerupai manusia dan bisa berjalan.

Konon katanya di depan pintu masuk goa, banyak tentara  yang gugur karena peperangan, entah tentara Belanda atau Jepang, sehingga banyak potongan kepala yang berserakan dan meminta tolong kepada manusia yang bisa berkomunikasi dengan mereka (mahluk gaib).

Menuju ke ruangan lain, ada lubang disalah satu ruangan goa, dimana menurut sejarahnya berfungsi sebagai penjara untuk penyekapan yang kedalamannya berukuran satu meter dengan panjang tujuh meter, banyaknya tahanan yang ada dalam lubang tersebut membuat mereka mati karena berdesakan. Menurut cerita rakyat banyak kejadian aneh disekitaran tempat tersebut.

Penampakan mahluk tak kasat mata bukan satu-satunya kisah diluar nalar, banyak juga terdengar suara aneh dari berbagai tempat yang memiliki aura mistis di sekitaran Gunung Kunci.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here