Church of our Lady Mary of Zion (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat Kristen, baik Katolik maupun Protestan. Ada sejumlah bangunan gereja yang memiliki kisah bentuk dan sejarah yang menarik. Berikut adalah daftar gereja tertua di dunia :

1. Gereja Dura-Europos
Gereja Dura-Europos adalah gereja Kristen yang paling awal diidentifikasi. Gereja ini terletak di negara Suriah dan diperkiraakan sudah ada sejak tahun 235 M.

Gereja Dura-Europos merupakan sebuah rumah domestik normal yang dialihkan untuk tempat ibadah beberapa waktu antara 233 dan 256, ketika kota tersebut ditinggalkan setelah ditaklukkan oleh bangsa Persia.

Meski demikian, gereja ini kurang terkenal dan lebih kecil. Bentuknya dan kurang terdekorasi secara ekstensif dengan lukisan-lukisan dinding ketimbang sinagoge Dura-Europos yang ada didekatnya, meskipun terdapat beberapa kesamaan lainnya antara kedua bangunan tersebut.

2. Megiddo Church
Gereja ini terletak di kota Tel Megiddo, Israel dan merupakan salah satu gereja kuno tertua yang pernah ditemukan oleh arkeolog tahun 2005.

Arkeolog bernama Israel Yotam Tepper dari Tel-Aviv University telah menemukan reruntuhan gereja ini, dan mereka juga memiliki bukti bahwa gereja ini dibangun abad ke-3, periode orang Kristen yang setia masih dianiaya oleh Kekaisaran Romawi.

Sisa reruntuhan ditemukan juga di penjara Magiddo yang terletak beberapa ratus meter di selatan Tel. Diantara temuan tersebut terdapat mosaik bertulisan bahwa “Gereja dipersembahkan kepada TUHAN YESUS” dalam tulisan Yunani.

3. Saint Pierre-Aux-Nonnains Basilica
Bangunan gereja bersejarah di Metz, Prancis, ini merupakank salah satu gereja tertua di Eropa yang dibangun tahun 380 Masehi dan salah satu gereja tertua di Eropa.

Bangunan ini awalnya digunakan untuk kompleks spa Romawi, namun pada abad ke-7 berubah menjadi sebuah Gereja. Selanjutnya, Pada sejak abad ke-16 sampai tahun 1970-an, bangunan itu menjadi gudang. Lalu semenjak tahun 1970an bangunan itu dipulihkan lagi menjadi gereja dan dibuka untuk konser dan pameran.

4. Church of our Lady Mary of Zion
Gereja yang dibangun pada masa pemerintahan Ezana, kaisar Kristen pertama di Etiopia ini merupakan gereja paling penting di Etiopia. Gereja Bunda Maria ini berada di kota Axum di Provinsi Tigray.

Dalam sejarahnya, gereja ini sering diserang oleh bangsa lain. Kehancuran pertamanya diduga terjadi di tangan Ratu Gudit pada abad ke-10. Penghancuran kedua terjadi pada abad ke-16 di tangan Ahmad ibn Ibrihim al-Ghazi,yang kemudian dibangun kembali oleh Kaisar Gelawdewos, dan kemudian dibangun kembali dan diperbesar oleh Fasilides pada abad ke-17.

5. Cathedral of Trier

Katedral Trier adalah sebuah gereja yang terletak di kota Trier, Jerman. Ini adalah katedral tertua di negara tersebut. Bangunan ini terkenal karena rentang umurnya yang sangat panjang di bawah berbagai era yang berbeda, masing-masing menyumbangkan beberapa elemen pada rancangannya. Sejak tahun 1986 Gereja ini masuk dalam daftar UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Reporter: Karina Siahaan

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here