Ini Arti Masing-Masing Bulan di Kalender Islam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seperti halnya penanggalan masehi, kalender Islam juga terdiri dari 12 bulan dengan penamaan bulan yang memiliki arti masing-masing.

Berikut arti nama-nama bulan dalam kalender Islam;

1. Bulan Muharram
Artinya yang diharamkan atau yang menjadi pantangan. Pada bulan itu Umat Islam dilarang berperang karena bisa menumpahkan darah manusia.

2. Bulan Shafar
Shafar artinya kosong. Kata itu menggambarkan saat Mekkah kosong ditinggal penghuni lelakinya karena pada bulan itu mereka pergi meninggalkan rumah untuk merantau, berniaga dan berperang, sehingga pemukiman mereka kosong dari orang laki-laki.

Namun, kaum jahiliyah menghembuskan isu bahwa bulan itu ada bulan sial. Pendapat itu pun segera diluruskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

3. Bulan Rabi’ul Awal
Kata itu berasal dari rabi’ (menetap) dan awal (pertama). Makna sepenuhnya adalah kembalinya kaum lelaki yang merantau. Bisa juga disebut sebagai awal lelaki menetap di rumah.

Di bulan ini banyak peristiwa bersejarah bagi umat Islam seperti Nabi Muhammad Saw lahir, diangkat menjadi Rasul, melakukan hijrah, dan wafat, semua pada bulan Rabi’ul Awal.

4. Bulan Rabi’ul Akhir
Rabiu’ulakhir artinya masa menetap pada lelaki untuk terakhir atau penghabisan. Penamaan itu tidak terlepas dari peristiwa alam musim rabi‘ atau musim semi yang terjadi di Jazirah Arab.

Di musim itu rerumputan menghijau, tanaman tumbuh subur, dan pepohonan banyak yang berbuah.

Beberapa peristiwa besar yang terjadi pada bulan Rabiul Akhir di antaranya adalah turunnya Surat al-Hasyr (pengusiran). Turunnya surat tersebut dilatarbelakangi oleh upaya pembunuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang dilakukan oleh kaum Yahudi bani Nadhir. Merekalah kaum yang pertama dikumpulkan dan diusir dari Madinah.

5. Bulan Jumadil Awal
Berasal dari kata jumadi (kering) dan awal (pertama). Penamaan itu karena di bulan tersebut merupakan awal musim kemarau, di mana mulai terjadi kekeringan.

6. Bulan Jumadil Akhir
Arti kata itu berarti musim kemarau yang penghabisan.

7. Bulan Rajab
Artinya: mulia. Sebab, bangsa Arab zaman dulu sangat memuliakan bulan itu antara lain dengan melarang berperang.

8. Bulan Sya’ban
Penamaan Sya’ban karena orang-orang Arab pada bulan ini lazimnya berkelompok mencari nafkah. Peristiwa penting bagi umat Islam yang terjadi pada bulan ini adalah perpindahan kiblat dari Baitul Muqaddas ke Ka’bah (Baitullah).

9. Bulan Ramadhan
Ramadhan artinya: sangat panas. Bulan Ramadhan merupakan satu-satunya nama bulan yang tersebut dalam Al-Quran. Bulan itu memiliki keutamaan, kesucian, dan aneka keistimewaan.

Peristiwa penting pada bulan itu seperti: Allah menurunkan ayat-ayat Al-Quran pertama kali, ada malam Lailatul Qadar, bulan ini ditetapkan sebagai waktu ibadah puasa wajib, pada bulan ini kaumn muslimin dapat menaklukan kaum musyrik dalam perang Badar Kubra dan pada bulan ini juga Nabi Muhammad saw berhasil mengambil alih kota Mekah dan mengakhiri penyembahan berhala yang dilakukan oleh kaum musyrik.

10. Bulan Syawwal
Syawwal berarti kebahagiaan. Maksudnya kembalinya manusia ke dalam fitrah (kesucian) karena usai menunaikan ibadah puasa dan membayar zakat serta saling bermaaf-maafan.

11. Bulan Dzulqa’dah
Berasal dari kata dzul (pemilik) dan qa’dah (duduk). Jadi nama itu berarti waktu istirahat bagi kaum lelaki Arab dahulu. Pekerjaan sehari-hari mereka pun banyak dihabiskan dengan duduk-duduk di rumah.

12. Bulan Dzulhijjah
Kata itu berarti yang menunaikan haji. Sebab pada bulan itu warga Arab terutama umat Islam menunaikan ibadah haji.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini