Harimau sumatera terancam punah
Harimau sumatera terancam punah

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pernahkah terpikirkan mengapa harimau harus kita lindungi? Mengapa banyak pecinta hewan yang ramai-ramai menyuarakan untuk lindungi hewan berkulit belang ini? Apa yang sebenarnya terjadi dengan harimau?

Pada dasarnya, harimau memiliki delapan spesies yang tersebar kepenjuru negara. ada harimau Indhocina, Siberia, Bengal, dan China Selatan. Dan dari Indonesia ada harimau Jawa, harimau Bali, harimau Kaspia hingga harimau Sumatra.

Tapi tahukan kamu dari delapan spesies itu, kini hanya lima saja yang masih tersisa di dunia. Dan hanya satu yang tersisa di Indonesia yakni Harimau Sumatra.

DalamĀ 100 tahun terakhir, faktanya jumlah populasi harimau menurun drastis, dari 100.000 menjadi 3000 sampai 4000 ekor saja. Semakin meyakinkan bahwa harimau memang benar-benar dalam ancaman kepunahan.

Harimau Sumatra sendiri kini hanya tersisa 300-350 ekor saja. Lalu, apa sih penyebab harimau-harimau ini langka? karena kucing hutan ini menjadi korban buruan manusia yang hendak mengambil kulit dan bagian tubuh lainnya untuk dijadikan perhiasan sampai obat-obatan.

Hal tersebutlah yang kini menjadi alasan mengapa harimau harus kita jaga dan lindungi. Perlu diingat bahwa menangkap, melukai bahkan membunuh harimau bukanlah tindakan bijak. Biarkanlah mereka hidup hingga anak cucu kita bisa terus melihat dan mengenalnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here