Benarkah Virus Corona Salah Satu Penyakit Seratus Tahunan?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Virus corona belakangan ini disebut sebagai virus yang mematikan di dunia, kondisi tersebut diperparah dengan tercatat 9.000-an orang terinfeksi dan 300 an meninggal dunia. Penyebab virus itu banyak yang menyebutkan dari hewan liar, ada juga yang menyebutkan dari senjata biologis Cina, dan terakhir dugaan kejadian tersebut salah satu wabah penyakit seratus tahunan.

Nyatanya setiap seratus tahun terdapat penyakit yang mematikan dan menewaskan ratusan ribu orang, lalu apakah benar virus corona merupakan wabah penyakit seratus tahunan dunia? Lantas, pada tahun berapa sajakah wabah penyakit terbesar per seratus tahun itu berlangsung? Inilah ulasan faktanya.

1. The Great Plague of Marseille – 1720

Wabah penyakit PES yang disebabkan oleh infeksi bakteri yersinia pestis. Penyakit ini menular dari hewan kepada manusia lewat serangga. Penyakit tersebut merupakan bawaan dari beberapa negara di Eropa hingga akhirnya sampai di Marseille, Prancis, pada tahun 1720.

Pada tahun yang sama penyakit PES telah membunuh sekitar 100.000 orang di kota maupun provinsi di sekitarnya. Setelah penyakit itu menyerbu kota, rumah sakit di sana menjadi penuh dan sesak karena banyaknya pasien. Namun pihak rumah sakit tidak mampu mengatasi semua pasien yang pada akhirnya ribuan mayat banyak berserakan begitu saja di sekitar kota.

2.First Cholera Pandemic – 1820

Kolera merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Vibrio Cholerae. Bakteri tersebut biasanya hidup di perairan asin dan hangat. Asal-usul penyakit ini berasal dari negara India.

Pada tahun 1820 kolera telah menyebar ke Thailand, Indonesia yang menewaskan 100.000 orang di pulau Jawa saja, dan Filiphina. Tidak lama kemudian, penyakit ini juga tersebar ke seluruh Eropa.

3. The Spanish Flu – 1920

Wabah influenza mematikan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Menyerang Kanada pada tahun 1918-1920. Pandemi (penyakit yang menyebar secara serempak di suatu wilayah tertentu) penyakit itu telah menewaskan 55.000 orang di Kanada.

Pada tahun yang sama kekacauan pun mulai meledak, banyaknya orang terkena penyakit membuat para bantuan medis bekerja sekuat tenaga untuk memastikan pasien yang terkena penyakit flu termasuk keluarga mereka bisa selamat dari penyakit mematikan tersebut.

Positifnya, kejadian flue spanish merupakan salah satu lonjakan kebangkitan Kanada dalam bidang medis, sebab pada tahun 1919 mulai dibentuknya Departemen Kesehatan Federal.

4. Virus Corona – 2020

Corona mulai terdengar pada akhir tahun 2019 di Wuhan, Cina. Virus ini mulai tersebar dengan cepat setelah memasuki pertengahan bulan Januari 2020. Kini kota tersebut terisolasi dan tidak ada aktivitas yang berarti selama virus itu masih menghantui penduduk Wuhan. Entah sampai kapan virus corona akan berhenti dan kota Wuhan bisa pulih kembali.

Bagaimana pendapat kalian? Apakah semua ini hanya kebetulan atau penyakit yang memang sudah direncanakan? (Anita Rahim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini