Apple Machintos Generasi Awal (Apple)
Apple Machintos Generasi Awal (apple)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada 24 Januari 1984, komputer Apple Macintosh atau Apple Mac pertama kali diperkenalkan. Itu terjadi 37 tahun yang lalu, dan dengan diperkenalkannya Mac, Apple Inc. memulai jalur yang telah memberi mereka nilai pasar lebih dari 30 ribu triliun rupiah saat ini.

Sebelum menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia, Apple Inc. adalah perusahaan rintisan kecil di Los Altos, California. Pendirinya, Steve Jobs dan Steve Wozniak, ingin mengembangkan komputer pribadi pertama di dunia yang ramah pengguna. Pekerjaan mereka akhirnya merevolusi industri komputer. Bersama dengan perusahaan teknologi raksasa seperti Microsoft dan IBM, Apple membantu menjadikan komputer bagian dari kehidupan sehari-hari dan mengantarkannya pada Revolusi Digital dan Era Informasi.

Apple Inc. yang awalnya dikenal sebagai Apple Computers didirikan pada tahun 1976. Steve Jobs bekerja di garasi rumahnya bersama Steve Wozniak di California. Pada 1 April 1976, mereka memulai debutnya dengan Apple 1, sebuah komputer desktop dengan satu motherboard yang sudah dirakit sebelumnya, tidak seperti komputer pribadi lain pada masa itu.

Steve Jobs dan Steve Wozniak
Steve Jobs dan Steve Wozniak

Apple II diperkenalkan sekitar setahun kemudian. Peningkatan pada komputer itu termasuk keyboard dan casing terintegrasi, bersama dengan slot ekspansi untuk memasang drive floppy disk dan komponen lainnya. Apple III dirilis pada 1980, satu tahun sebelum perusahaan IBM merilis IBM Personal Computer. Kegagalan teknis dan masalah lain pada mesin Apple III sempat merusak reputasi Apple.

Apple Lisa kemudian diperkenalkan sebagai komputer pribadi pertama dengan GUI atau sistem antarmuka pengguna grafis, yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan ikon visual. Sebelumnya, antarmuka grafis pertama dikembangkan oleh Xerox Corporation di Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1970-an. Setelah membeli saham Xerox, Steve Jobs mengunjungi PARC pada tahun 1979 dan terkesan oleh Xerox Alto, komputer pertama yang memiliki GUI. Dia kemudian mengadaptasi teknologi GUI untuk Apple Lisa.

Apple Lisa
Apple Lisa

Pada tahun 1984, Apple memperkenalkan produknya yang paling sukses, yakni Macintosh, sebuah komputer pribadi yang dilengkapi dengan layar dan mouse. Komputer tersebut juga dilengkapi GUI, sistem operasi yang dikenal sebagai Sistem 1 (versi paling awal dari Mac OS), dan sejumlah program perangkat lunak, termasuk pengolah kata MacWrite dan editor grafis MacPaint. Macintosh menjadi awal dari sebuah revolusi dalam komputasi pribadi.

Pada tahun 1985, Jobs dipaksa keluar dari perusahaan karena adanya ketidaksepakatan dengan CEO Apple, John Scully. Dia kemudian mendirikan NeXT Inc., sebuah perusahaan komputer dan perangkat lunak yang kemudian dibeli oleh Apple pada tahun 1997.

Selama tahun 1980-an, Macintosh mengalami banyak perubahan. Pada tahun 1990, perusahaan tersebut memperkenalkan tiga model baru, yakni Macintosh Classic, Macintosh LC, dan Macintosh IIsi, yang semuanya berukuran lebih kecil dan harganya lebih murah daripada komputer aslinya. Setahun kemudian, Apple merilis PowerBook, versi paling awal dari komputer laptop perusahaan.

Apple Powerbook
Apple Powerbook

Pada tahun 1997, Jobs kembali ke Apple sebagai CEO sementara, dan setahun kemudian perusahaan tersebut memperkenalkan komputer pribadi baru bernama iMac. Komputer tersebut menjadi ikon karena casing plastiknya yang semi transparan, yang akhirnya diproduksi dalam berbagai warna. iMac memiliki penjualan yang kuat, dan Apple dengan cepat mulai bekerja mengembangkan seperangkat alat digital untuk penggunanya, termasuk pemutar musik iTunes, editor video iMovie, dan editor foto iPhoto. Semua alat digital ini tersedia dalam bundel perangkat lunak yang dikenal sebagai iLife.

iMac juga menandai transisi Apple dari nama Macintosh ke Mac yang lebih sederhana. Apple menyelesaikan penghapusan nama produk Macintosh pada tahun 1999 ketika Power Macintosh (seri produk komputer pribadi Macintosh yang menggunakan prosesor PowerPC) dihentikan dengan diperkenalkannya Power Mac G4.

Apple Imac
Apple Imac

Apple menghentikan penggunaan prosesor PowerPC pada tahun 2006 dengan melakukan transisi Mac ke prosesor Intel, karena memiliki daya pemrosesan efisiensi yang lebih besar dan kemampuan untuk mengimplementasikan banyak core di CPU Mac.

Mulai tahun 2006 juga, desain industri Apple bergeser ke arah aluminium, yang digunakan dalam konstruksi MacBook Pro pertama. Setelah itu, iMac, MacBook Pro, MacBook Air, dan Mac Mini semuanya menggunakan penutup aluminium, dan sekarang dibuat dari satu bodi tunggal.

Pada 24 Februari 2011, Apple menjadi perusahaan pertama yang memasarkan komputer yang menggunakan antarmuka I/O Thunderbolt (Light Peak) Intel yang baru.

Dimulai dengan MacBook Pro 2016, Apple memperkenalkan teknologi Touch ID ke jajaran laptopnya, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan pemindai sidik jari internal sebagai pengganti kata sandi. MacBook Pro 2016 juga menandai pengenalan Touch Bar, panel OLED multi-sentuh pada keyboard MacBook Pro yang menggantikan tombol fungsi.

Pada 10 November 2020, Apple mengumumkan Mac pertama yang menggunakan Apple Silicon (prosesor terbaru yang menggantikan Intel), yakni MacBook Air, Mac mini, dan MacBook Pro 13. MacBook Air adalah satu-satunya Mac yang pindah secara eksklusif ke Apple Silicon dengan pengumuman ini, karena MacBook Pro 13 dan Mac mini masih dijual dengan opsi prosesor Intel. Sejalan dengan transisi dari PowerPC ke Intel, Mac dengan Apple Silicon dapat menjalankan perangkat lunak yang dirancang untuk chip Intel menggunakan emulator yang disebut Rosetta 2.

Saat ini, Apple secara umum mendominasi pasar komputer pribadi premium. Mac telah mengambil keuntungan yang lebih besar di industri komputer pribadi dibandingkan dengan Dell, Hewlett Packard, Lenovo, Asus, dan Acer.

Sementara itu, penjualan Mac sebagian besar tetap stabil, dibandingkan dengan penjualan produk Apple lainnya, seperti iPhone dan iPad yang meningkat secara signifikan selama tahun 2010-an. Komputer Mac masih menikmati penjualan tinggi per unitnya, dengan mayoritas adalah MacBook mereka yang termasuk segmen komputer pribadi paling menguntungkan dan berkembang.

Reporter: Safira Ginanisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here