Ronaldo Luis Nazario de Lima
Ronaldo Luis Nazario de Lima

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ronaldo Luis Nazario de Lima, atau yang akrab disebut Ronaldo Brasil. Pecinta sepak bola mana yang tak tahu sosok hebat satu ini. Julukannya sebagai Sang Fenomena bukan asal-asalan disematkan.

Lahir di Rio de Janeiro, Brasil 18 September 1976, Ronaldo adalah kunci utama negaranya memenangkan Piala Dunia 2002 dengan menumbangkan Jerman 2-0. Kedua gol diciptakan dari kakinya. Dialah pahlawan Brasil dalam laga tersebut.

Sayangnya, Ronaldo pensiun di usia yang masih terbilang muda. Cedera parah memaksanya gantung sepatu.

Banyak hal menarik dari kehidupan Ronaldo semasa di lapangan hijau. Berikut, 7 fakta tentang Sang Fenomena yang satu ini, wajib untuk kamu tahu.

1. Dari Keluarga Miskin

Hidup di pinggiran kota, keluarga Ronaldo sangat miskin. Ia hanya bisa bermain di jalanan kumuh di sekitar rumahnya. Saat akan mendaftar di klub kesukaannya, Flamengo, Ronaldo gagal karena tak punya sepatu. Bakat hebatnya lalu terendus oleh legenda Brasil, Jairzinho yang membawanya bergabung ke Cruzeiro.

2. Karir Awal di Eropa

Brasil bukanlah tempat untuk mengeluarkan semua bakat istimewa Ronaldo. Satu-satunya jalan, ia harus ke Eropa, benuanya sepak bola. Sosok legendra Brasil, Romario adalah orang yang memberinya saran, agar memulai karir di PSV Eindhoven setelah Piala Dunia 1994. Ronaldo kemudian terbang ke Eropa bergabung bersama klub raksasa Liga Belanda itu dan mendulang awal kesuksesannya.

3. Pemain Terbaik Dunia Paling Muda dalam Sejarah

Setelah merumput di PSV dua musim, Ronaldo direkrut oleh Barcelona. Di klub Katalan ini, dunia mulai takjub dengan betapa hebatnya seorang Ronaldo yang mampu memadukan gaya Samba khas Brasil dengan nafsu membunuh yang begitu garang. Sederet prestasi ia raih, sehingga mengantarkannya menjadi FIFA World Player of The Year atau Pemain Terbaik FIFA pada 1996 dalam usianya yang belum genap 20 tahun. Rekor barupun tercipta dan belum terpecahkan hingga saat ini.

4. Dua Kali Pecahkan Rekor Transfer

Ronaldo telah dua kali memecahkan rekor transfer, yakni pertama saat kepindahannya dari PSV ke Barcelona dengan mahar 19,5 juta dolar AS. Kedua, saat kepindahannya dari Barcelona ke Inter Milan dengan biaya 27 juta dolar AS.

5. Tiga Kali Jadi Pemain Terbaik FIFA

Setelah 1996, Ronaldo kembali meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA 1997 sekaligus mendapat Ballon d’Or. Kemudian, ia mendapatkan gelar yang sama pada 2002, setelah mengantarkan Brasil menjadi kampium Piala Dunia.

6. Pulang Kampung

Setelah menjajali liga-liga Eropa dengan segudang prestasi, Ronaldo pulang ke kampungnya di Brasil dan bergabung dengan Corinthians pada 2008. Cedera membuatnya tak mampu lagi bersaing di klub-klub raksasa di Eropa. Ia lalu pensiun pada 2011 karena merasa tubuhnya sudah tak bisa lagi dipaksakan.

7. Tidak Pernah Juara Liga Champions

Semua gelar pernah Ronaldo raih, mulai dari juara liga hingga Piala Dunia. Hanya satu gelar yang belum pernah ia dapatkan, yakni keluar sebagai juara Liga Champions. Sebenarnya, Ronaldo sudah bergabung dengan AC Milan, ketika Rossoneri menjuarai kompetisi klub nomor satu di Eropa itu setelah menumbangkan Liverpool. Hanya saja, Ronaldo tak bisa bermain, karena regulasi UEFA.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here