1 Agustus, Raja Arab Saudi Wafat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanggal 1 Agustus 2005, Raja Arab Saudi, Fahd bin Abdul Aziz, meninggal dunia karena stroke. Fahd adalah kakak kandung Raja Salman yang memimpin Arab Saudi sekarang.

Mereka dilahirkan dari rahim Hussah binti Ahmad al-Sudairy, istri keenam Abdulaziz bin Abdulrahman Al-Saud.

Sebelum menjadi raja, Fahd terlebih dahulu menjabat Menteri Pendidikan yang dilantik 1953 oleh ayahnya sendiri Abdulaziz bin Abdulrahman Al-Saud, pendiri Kerajaan Arab modern sekarang.

Tahun 1962, Fahd ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri Arab Saudi dan lima tahun kemudia menjadi Wakil Pedana Menteri Kedua.

Lalu, Fahd ditetapkan sebagai Putra Mahkota ketika Raja Khalid naik tahta. Khalid adalah anak Abdulaziz bin Abdulrahman Al-Saud dengan istri ketiganya, Jauhara binti Musa’d Al Saud.

Ketika menjadi putra mahkota, lelaki kelahiran Riyadh 1921 itu juga ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri Pertama hingga dia mengambil seluruh tugas perdana menteri menjelang akhir pemerintahan Khalid.

Saat Khalid wafat 13 Juni 1982, Fahd otomatis menggantikannya. Dia lah yang membuat Arab Saudi menjalin hubungan erat dengan Amerika Serikat.

Pada 1995, Fahd terkena stroke dan kondisinya melemah setelah itu. Tugas menjalankan kerajaan pun diberikan kepada Putra mahkota Abdullah. Raja Fahd wafat pada 1 Agustus 2005.

Abdullah adalah anak Abdulaziz dari istri ke-8, Fahda binti Asi al-Shuraim. Baru setelah Abdullah wafat, Raja Salman yang sekarang memimpin Arab Saudi menggantikannya sejak 2015.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini