Tetapkan Idul Adha, Kemenag Gelar Sidang Isbat pada 21 Juli

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar sidang isbat menentukan awal Zulhijah 1441 H, jelang hari raya Idul Adha.

Menag Fachrul Razi mengatakan, sidang isbat akan digelar pada 21 Juli Mendatang.

Pelaksanaan sidang isbat oleh Kemenag sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 02 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Fachrul Razi menjelaskan sidang isbat selalu digelar pada 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah. Misalnya, sidang isbat awal Ramadan digelar pada 29 Syaban, kemudian awal Syawal digelar 29 Ramadan.

Sebagaimana Ramadan dan Syawal, sidang isbat nantinya akan diawali pembahasan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal sebelum menentukan 1 Zulhijah.

Sidang akan melibatkan Tim Falaikiyah Kemenag, perwakilan ormas, dan undangan lainnya. “Jika tanggal 1 Zulhijah sudah ditentukan, maka bisa diketahui kapan Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada 10 Zulhijah,” katanya.

Sementara PP Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan 1 Zulhijjah 1441 H pada Rabu, 22 Juli 2020 sehingga Idul Adha 10 Zulhijah jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Muhammadiyah mendasarkan pada metode hisab, bukan pemantauan hilal (awal bulan) secara manual.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini