Sri Mulyani: Ini Daftar yang Mendapat THR dan Kapan Diberikannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kapan dan siapa yang akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini akhirnya dirilis oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dirinya memastikan Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri maupun pensiunan akan mendapat THR. Namun, PNS yang memiliki jabatan eselon I dan II dipastikan tak akan mendapatkannya.

Sementara bagi presiden, wakil presiden, para menteri, anggota DPR RI hingga pejabat daerah, tidak akan mendapat THR pada tahun ini.

“THR akan dibayarkan untuk seluruh ASN, TNI/Polri yang posisinya adalah di bawah atau sampai dengan eselon III,” ujar Sri Mulyani dalam video conference, Selasa 14 April 2020.

Meski demikian, THR yang didapat tidak sama seperti tahun sebelumnya. THR tahun ini hanya berupa gaji pokok plus tunjangan melekat seperti tunjangan istri atau suami dan anak. Namun tidak termasuk tunjangan kinerja (tukin)

Untuk pensiunan dipastikan mendapat THR dengan jumlah yang sama seperti tahun lalu.

Sementara untuk PNS eselon I dan II ataupun pejabat negara lainnya, mulai dari presiden, wakil presiden, menteri, hingga anggota DPR, dipastikan tak akan mendapat THR.

Hingga saat ini, aturan mengenai pencairan THR PNS tersebut masih diproses untuk segera diteken Presiden Jokowi dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres).

“THR akan dilakukan sesuai siklusnya, sekarang proses revisi Perpres sesuai instruksi presiden,” katanya.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Askolani, memastikan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dilaksanakan sebelum Lebaran.

Sementara itu, untuk waktunya masih harus menunggu revisi Peraturan Pemerintah mengenai THR dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Askolani mengatakan, untuk THR yang tidak cair maka alokasi anggarannya akan masuk menjadi satu paket pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2020 secara keseluruhan. Sehingga tidak dilarikan atau direalokasi ke pos-pos lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini