Seleksi Masuk Politeknik Negeri 2020 Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi membuka Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 secara online.

Namun, kali ini untuk pendaftarannya akan dilakukan dengan cara berbeda. Kalau dulu dilakukan tes tulis, kini dilakukan dengan penilaian portofilio yang dikirim.

Pendaftaran dibuka mulai 19 Mei hingga 25 Juni 2020. Proses seleksi ini boleh diikuti oleh siswa minimal lulusan SMA/SMK/MA/Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

“Meski sekarang masa pandemi Covid-19, SBMPN tetap harus berjalan, kami akan tetap mengakomodir,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Sekolah Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto dalam keterangan pers melalui virtual, Selasa 19 Mei 2020.

Wikan berharap para calon mahasiswa memilih program studi yang sesuai dengan keinginan masing-masing, tanpa ada paksaan. Sehingga ketika lulus, mereka mendapat pekerjaan sesuai yang diharapkan.

“Ikut orang tua baik, karena orangtua punya doa, tapi cobalah sesuai passion, karena nanti ketika bekerja akan sesuai dengan keinginan,” kata dia.

Berdasarkan data, Wikan menyebut peminat jalur SBMPN semakin bertambah. Wikan berharap peminat di tahun ini bisa dua kali lipat dari tahun 2019.

“Di Indonesia bagian Timur, geliat pendidikan vokasi terus berkembang, tidak hanya di Indonesia bagian Barat atau Tengah saja,” kata Wikan.

Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud Agus Indarjo mengatakan sempat mencari jawaban mengapa peminat SBMPN setiap tahun kian bertambah.

Menurutnya, berkaca dari negara maju seperti Australia dan Jerman, mahasiswa vokasi lebih banyak dibanding mahasiswa akademik.

“Di Australia, mahasiswa vokasi sekitar 70 perssen, demikian juga di Jerman, mahasiswa vokasi lebih banyak,” kata dia.

Untuk tes SBMPN 2020 di masa pandemi virus corona Covid-19 ini tidak ada tes tertulis. Para pendaftar menggunakan portfolio lantaran tak boleh ada kegiatan keramaian.

Pendaftar harus mengirim data terkait hasil akademik selama masa sekolah di jenjang SMK sederajat dari semester satu hingga sementer enam. Nantinya ada sebanyak 42 Politeknik maupun Politani yang bisa dituju oleh para calon mahasiswa.

Setiap pendaftar akan dikenakan biaya Rp150.000 sejak mulai mengisi data pribadi hingga pengumuman kelulusan. Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak hari ini hingga 25 Juni 2020. Sedangkan pengumuman keluluaan akan dilaksanakan pada 4 Juli 2020.

Untuk alur pendaftaran, setelah proses registrasi kemudian melakukan pembayaran, setelah itu mendapatkan username dan password untuk login, juga melakukam pengisian data seperti ijazah, ekonomi keluarga sampai ke KIP kuliah, dan proses finalisasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini