Presiden Jokowi ke Jatim Harus Gunakan Pesawat Kepresidenan BAe-RJ85, Begini Penjelasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA Presiden Jokowi harus menggunakan pesawat kepresidenan jenis BAe-RJ85 atau sering disebut Avro RJ85 saat bertolak ke Jawa Timur (Jatim), Rabu 20 April 2022.

Alasannya karena Presiden dan rombongan harus mendapat di Bandara Trunojoyo, Madura.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini Presiden memang dijadwalkan meresmikan operasional bandara yang hanya memiliki panjang landasan 1600 meter itu.

Tampaknya soal panjang landasan itulah yang membuat Presiden memilih menggunakan Avro RJ85 daripada Boeing 737-800/Boeing Business Jet (BBJ) 2.

Avro sanggup mendarat di landasan sepanjang 1.500 meter, sedangkan BBJ2 membutuhkan panjang landasan lebih dari 2.000 meter.

Presiden Jokowi lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, bersama rombongan terbatas sekitar pukul 07.15 WIB.

Pesawat kepresidenan Avro RJ85 itu hanya mampu membawa paling banyak 30 penumpang.

Hal tersebut karena, konfigurasi kursinya disesuaikan dengan kebutuhan VVIP.

Setibanya di Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo, Kabupaten Sumenep, Presiden akan langsung meninjau sekaligus meresmikan bandara tersebut.

Selain peresmian, Kepala Negara juga diagendakan untuk memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di sejumlah pasar di Kabupaten Sumenep.

Setelahnya, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sidoarjo masih menggunakan Pesawat BAe-RJ85 melalui Bandar Udara Trunojoyo.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden langsung menuju PT PAL Indonesia (Persero).

Di sana Presiden menghadiri Peluncuran Holding dan Program Strategis Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan Defend ID.

Kemudian, Presiden juga akan memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di beberapa lokasi di Kota Surabaya.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Jawa Timur, Presiden akan berkunjung ke Kabupaten Gresik, untuk memberikan sejumlah bantuan sosial di beberapa lokasi di kota tersebut.

Presiden dan rombongan dijadwalkan akan kembali Jakarta melalui Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo.

Saat itu, barulah dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, BBJ2.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Jawa Timur Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Inilah pesawat kepresidenan BAe RJ85;

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kasus DBD di Bantul Menanjak Tajam, Dinkes Ingatkan Masyarakat Galakkan PHBS

Mata Indonesia, Bantul - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul mengimbau masyarakat untuk aktif dalam Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai langkah efektif menanggulangi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sedang meningkat.
- Advertisement -

Baca berita yang ini