Pasien Positif Corona Bertambah, Rupiah Dibuka Keok 80 Poin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi, 1 April 2020 tercatat melemah. Kondisi ini seiring terus meningkatnya jumlah kasus positif COVID-19.

Pada pukul 09.37 WIB, rupiah bergerak melemah 80 poin atau 0,49 persen menjadi Rp 16.390 per dolar AS dari sebelumnya Rp 16.310 per dolar AS. Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures, harga aset berisiko masih mendapatkan tekanan dari peningkatan penyebaran virus Corona di dunia.

Sebelumnya, indeks saham AS ditutup melemah semalam karena kenaikan signifikan 14 persen jumlah kasus positif COVID-19 di New York dalam satu hari. Indeks saham Asia juga bergerak melemah pagi ini.

“Ini akan memberikan sentimen negatif ke rupiah hari ini,” ujar Ariston di Jakarta.

Namun ia memprediksi ada sentimen positif dari domestik yaitu pengumuman Presiden Joko Widodo mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan stimulus bagi masyarakat lapisan bawah untuk mengurangi dampak negatif penurunan ekonomi akibat COVID-19.

“Ini harusnya bisa sedikit memberikan sentimen positif ke pasar keuangan,” kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp 16.250 per dolar AS hingga Rp16.400 per dolar AS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini