Meski Ada Deklarasi Benny Wenda, TNI Pastikan Wilayah Papua Aman Terkendali!
Benny Wenda

MATA INDONESIA, JAKARTA – Deklarasi Kemerdekaan Papua Barat oleh Ketua ULMWP Benny Wenda pada 1 Desember 2020 dinilai tak berdampak bagi kondisi masyarakat Papua.

Menurut Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III TNI Kolonel Czi IGN Suriastawa, situasi dan kondisi di wilayah Papua Barat dan Papua saat ini aman terkendali.

Ia juga memastikan tak ada gerakan lain yang terjadi di Papua dan situasi saat ini sangat kondusif.

“Iya, landai saja di Papua. Biar BW (Benny Wenda) ditangani polisi karena diduga mengarah pada undang-undang makar,” katanya, Rabu 2 Desember 2020.

Sebelumnya, pihak Organisasi Papua Merdeka dan sayap militernya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) juga menolak deklarasi yang digaungkan oleh Wenda. Mereka menilai deklarasi tersebut tanpa prosedur dan mekanisme yang disepakati oleh organisasi perjuangan Papua.

Juru Bicara OPM/TPNPB Sebby Sambom juga menilai bahwa deklarasi pembentukan pemerintahan sementara Republik West Papua oleh ULMWP serta Benny Wenda adalah ilegal.

“Deklarasi Negara Papua di Inggris, dan kantor Presidennya di Inggris. Macam ini yang orang Inggris sebut sebagai declaration for nothing,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here