Ma’ruf Amin: Susu Kuda Liar Khas NTT Ampuh Tangkal Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangkal virus corona di Indonesia. Salah satunya lewat makanan atau minuman yang dikonsumsi tubuh.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut agar menjaga tubuh tetap sehat dan imun tubuh tetap terjaga bisa mengkonsumsi jamu. Lain halnya dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai, susu kuda liar khas Provinsi Nusa Tenggara Barat ampuh untuk menangkal virus corona yang tengah mewabah di Indonesia belakangan ini.

Hal itu ia sampaikan berdasarkan pernyataan dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat membuka Musyawarah Nasional V Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB, Rabu 11 Maret 2020.

“Ternyata di NTB ada yang bisa menangkal corona yang ditawarkan pak gubernur, yaitu susu kuda liar,” kata Ma’ruf.

Susu kuda liar merupakan minuman khas yang berasal dari wilayah Sumbawa, NTB. Susu kuda liar memiliki banyak manfaat terutama untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Sambil berkelakar, Ma’ruf juga meminta berhati-hati bagi para peminum susu kuda liar asal NTB. Sebab, jangan sampai dampak dari susu kuda liar itu membuat ‘liar’ yang meminumnya.

“Kita harus hati-hati, harus juga bisa menangkal dampak dari susu kuda liar itu. Jangan jadi kuda liar lagi gitu loh,” kata Ma’ruf.

Selain susu kuda liar, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto juga menyebut bahwa ada beberapa masakan tradisional Indonesia yang bisa menjadi obat ‘herbal’ menangkal corona.

“Kita sebenarnya setiap hari kalau makan masakan tradisional, itu full herbal. Kalau kita berbicara sayur lodeh misalnya. Juga sayur asem, itu sudah herbal juga,” tuturnya.

Tidak hanya sayur lodeh dan sayur asem, Yurianto mengatakan bahwa nasi kapau pun mengandung herbal dan cukup bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Menurutnya, ini bisa menjadi alternatif.

“Di nasi kapau, lebih-lebih lagi. Bukan hanya herbalnya, santen-santennya pun ada. Jadi tidak perlu kemudian dengan formulasi khusu, dan ini kearifan nenek moyang kita,” katanya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini