Ilustrasi kelulusan CPNS
Ilustrasi kelulusan CPNS

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tahun ini semua berbeda, bahkan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus pemberkasannya tidak lagi datang langsung menyerahkan dokumen fisiknya namun dilakukan secara digital.

Pemberkasan merupakan prosedur pengusulan penetapan nomor induk pegawai (NIP). Tahapan ini dilakukan mulai tanggal 1 hingga 30 November 2020. Untuk melakukan pemberkasan peserta melakukan login ke akun masing-masing di https://sscn.bk.go.id.

Setelah masuk ke akun SSCN, peserta mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH). Jika selesai DRH tersebut dicetak. Kemudian peserta mengunggah DRH dengan beberapa dokumen lainnya.

Berikut dokumen-dokumen yang harus diunggah bersama dengan DRH:

  1. Pas foto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang berwarna merah
    2. Ijazah asli untuk lulusan dalam negeri /ijazah penyetaraan Dikti untuk lulusan luar negeri
  2. Transkrip asli
  3. Surat pernyataan 5 poin (lihat Peraturan BKN No.14/2018)
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku saat pemberkasan
  5. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan
  6. Surat keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah
  7. Bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja).

BKN akan melaksanakan proses penetapan NIP CPNS 2019 secara elektronik melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital) melalui https://docudigital.bkn.go.id. Penandatanganan pertimbangan teknis penetapan NIP pun akan dilakukan secara digital atau digital signature.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here