Kamu Tahu? 1 Muharram 1442 H antara Sunni dan Syiah Beda Hari Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah RI telah menetapkan 1 Muharram 1442 Hijriyah jatuh pada Kamis 20 Agustus 2020. Sudah selayaknya umat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia bergembira menyambut tahun baru ini.

Mengutip beberapa sumber, sebenarnya, penentuan 1 Muharram 1442 H pada tanggal 20 Agustus ini juga sama dengan umumnya umat Islam mazhab Ahlusunnah wal Jamaah atau Sunni di seluruh dunia.

Namun, penentuan 1 Muharram berbeda oleh umat Islam mazhab Syiah, baik di Indonesia maupun seluruh dunia.

Mengutip Safinah Online, berdasarkan visibilitas hilal awal Muharram dari lembaga kredibel dalam dan luar negeri, dengan kesaksian tim rukyah Falak ABI, yang melakukan pemantauan pada Rabu 19 Agustus 2020, maka ditetapkan bahwa awal Muharram 1442 Hijriyah jatuh pada Jumat 21 Agustus 2020.

Penetapan 1 Muharram 1442 H antara umat Sunni dan Syiah hanya terpaut satu hari saja.

Namun, sebagai catatan, apapun mazhab-nya, apapun keyakinan yang Anda ikuti soal penentuan 1 Muharram, tentu semuanya telah melalui proses yang kredibel dan panjang, serta bisa dipertanggungjawabkan. Intinya, lebih baik saling menghargai antar umat Islam.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini