Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wabah virus corona makin menggila. Presiden Korea Utara Kim Jong-un mengancam para pejabat tinggi partai akan mendapat konsekuensi serius apabila virus mematikan ini masuk ke negara tersebut.

Kim mengeluarkan peringatan itu pada pertemuan Partai Buruh baru-baru ini. Menurutnya mencegah virus corona adalah hal penting untuk melindungi warga negara, sehingga memerlukan kedisiplinan tinggi.

“Jika penyakit menular itu masuk ke Korea Utara dan tidak terkendali, akan ada konsekuensi serius,” kata Kim melalui Kantor berita resmi Korea (KCNA) dan dikutip melalui AFP, Sabtu 29 Februari 2020.

Korea Utara dikenal sebagai negara yang fasilitas kesehatannya buruk. Pemerintah pun telah menutup sejumlah wilayah perbatasan untuk mencegah virus corona memasuki Korut.

Saat ini, Korut hingga belum melaporkan ada warganya terjangkit virus Corona. Namun, Kim baru saja memecat dua pejabat senior karena terindikasi korupsi dalam proyek pencegahan virus corona.

Wakil Ketua Partai Ri Man Gon dan Pak Thae Dok diduga terlibat dalam korupsi yang berkaitan dengan langkah-langkah pencegahan virus epidemik tersebut. Kim pun menekankan kepada bawahannya untuk menutup peluang penyebaran penyakit tersebut.

“Menutup semua saluran dan ruang di mana penyakit menular tersebut dapat tersebar,” ujarnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here