Ilmuwan: Ganja Bisa Mencegah dan Mengobati Infeksi Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tanaman ganja di Indonesia memang tidak diperbolehkan dikonsumsi karena masuk dalam jenis narkoba yang mengakibatkan mabuk bagi pemakainya.

Namun, belum lama ini tim ilmuwan Kanada menemukan jenis ganja yang dapat membantu mencegah atau mengobati infeksi virus corona.

Para peneliti dari University of Lethbridge mengatakan sebuah penelitian pada bulan April menunjukkan setidaknya 13 tanaman kanabis dengan kandungan CBD (kanabidiol) tinggi tampaknya mempengaruhi jalur ACE2 yang digunakan virus corona untuk mengakses tubuh.

“Kami benar-benar bahagia dengan adanya penemuan ini,” kata salah satu peneliti, Olga Kovalchuk, kepada CTV News, sebagaimana dikutip New York Post, Sabtu 23 Mei 2020.

Ekstrak kandungan tinggi CBD, kata dia dapat membantu memblokir protein yang menyediakan “gerbang” untuk Covid-19 memasuki sel inang.

Suami Kovalchuk, Igor, mengatakan ganja dapat mengurangi titik masuk virus tersebut hingga 70 persen. “Karena itu, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk melawannya,” katanya.

Dengan hasil ini, ganja dapat digunakan untuk mengembangkan perawatan pencegahan yang mudah digunakan dalam bentuk produk obat kumur dan tenggorokan. Hal ini dimaksudkan agar mengurangi masuknya virus melalui mulut.

Para peneliti masih melakukan peninjauan dengan mengandeng Pathway Rx, sebuah perusahaan riset terapi ganja, dan Swysh Inc., sebuah perusahaan riset berbasis cannabinoid, untuk meneliti lebih lanjut.

Para peneliti sedang mencari dana untuk melanjutkan upaya mereka untuk mendukung inisiatif ilmiah untuk mengatasi covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini