HPN 2020, Ibu Kota Baru Dipresentasikan Presiden Joko Widodo

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengenalkan ibu kota negara baru yang ramah lingkungan kepada seluruh peserta Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Jokowi berkata, pemerintah sedang menggarap langkah serius menyiapkan ibu kota baru yang ramah lingkungan dan berkonsep smart city, yang didukung dengan perencanaan matang.

“Yang pertama dibangun adalah nursery (lokasi pembibitan), 17 juta bibit disiapkan. Kita akan wujudkan ibu kota negara baru yang ramah lingkungan, smart city, semua kendaraan adalah listrik, ramah pejalan kaki, dan dekat dengan alam,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara puncak HPN, Sabtu 8 Februari 2020.

Pemindahan ibu kota itu bukan sekedar memindahkan kantor dan manusia, namun harus menunjukkan keunggulan sebagai suatu bangsa, kata Jokowi. Presiden menyebut peran pers dalam hal ini menjadi sangat penting, terutama untuk menjaga situasi bangsa tetap kondusif.

Rencananya, di ibu kota baru nanti, Jokowi memastikan pembangunan Persemaian Modern akan tetap dilaksanakan di atas lahan seluas 120 hektare di Kalimantan Timur.

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi ini juga akan dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik Indonesia. Serta akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga.

Berikut video presentasi ibu kota baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini