Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan TMP untuk pemakaman para tenaga medis yang meninggal karena virus corona
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan TMP untuk pemakaman para tenaga medis yang meninggal karena virus corona

MATA INDONESIA, JAKARTA-Banyaknya tenaga medis yang gugur saat bertuga menangani pasien virus corona, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bakal memakamkan mereka (tenaga medis, red) di taman makam pahlawan (TMP). Kebijakan ini diberlakukan di daerah untuk mengantisipasi penolakan warga dan bentuk penghormatan kepada Pahlawan medis ini.

“Kami sudah fasilitasi persiapan tempat dan pengurusan administrasi untuk tenaga medis, dokter, perawat yang gugur dalam penanganan Covid-19 untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di wilayahnya masing-masing,” kata Ganjar di Semarang, Sabtu 11 April 2020.

Dia menyebut sudah berkomunikasi dengan Seluruh kepala daerah. Mayoritas, para pemangku kepentingan di daerah setuju dengan kebijakan itu. “Kalau satu dua hari ini selesai proses itu, minggu depan sudah bisa dilaksanakan,” katanya.

Keputusan menyiapkan TMP untuk jenazah tenaga medis yang meninggal akibat Covid-19 dikarenakan adanya kasus penolakan dari warga yang sebelumnya terjadi di Kabupaten Semarang. Menurutnya, kejadian itu membuat seluruh masyarakat sakit hati.

“Masa seorang pejuang yang sudah berjuang ditolak. Ini menyakitkan betul, bikin sakit hati,” katanya.

Menurutnya, seluruh dokter, perawat dan tenaga medis merupakan pejuang kemanusiaan. Mereka harus diberikan penghormatan, karena sudah berjuang luar biasa, mengorbankan diri untuk mengatasi wabah Covid-19.

“Dan mereka tahu, bahwa itu beresiko pada keselamatannya. Kita harus memberikan penghormatan setinggi-tingginya. Saya kira, Taman Makam Pahlawan adalah tempat yang sangat tepat untuk mereka,” katanya.

Dia juga menyiapkan skenario kedua untuk memberikan penghormatan bagi tenaga medis yang meninggal akibat Covid-19. Apabila TMP tidak cukup, pihaknya siap membuatkan tempat pemakaman baru yang diberi nama TMP khusus.

“Kalau ada area eksisting di Taman Makam Pahlawan, maka bisa dipakai. Tapi kalau sudah penuh, kita bisa membuat tempat khusus baru yang dikasih nama Taman Makam Pahlawan khusus untuk mereka,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here