BMKG: Hari Ini dan Besok, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Lebat, Masyarakat Diminta Waspada

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal dilanda hujan lebat hingga besok Minggu 19 Januari 2020.

“Potensi hujan lebat di wilayah Jabodetabek sejak 17-19 Januari 2020 perlu diwaspadai di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Depok dan Bogor,” seperti tertulis dalam situs BMKG.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat hujan tersebut, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Selain itu, BMKG juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di sekitar area pesisir agar waspada terjadi gelombang tinggi.

Hujan lebat ini diakibatkan oleh sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata yang ada di barat Pulau Kalimantan. Sirkulasi siklonik ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

BMKG juga memperkirakan potensi banjir dan longsor akibat hujan lebat pada periode 17-19 Januari 2020 di wilayah berikut.

Sumatera Barat (siaga), Sumatera Selatan (siaga), Jambi (siaga), Bengkulu (siaga), Jawa Barat (Siaga), Aceh (Waspada), Sumatera Utara (Waspada), Lampung (Waspada), Jawa Tengah (Waspada), Jawa Timur (Waspada), Sulawesi Selatan (Waspada).

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini