transportasi umum di 10 kota di Cina ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona
transportasi umum di 10 kota di Cina ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona

MATA INDONESIA, JAKARTA-Setidaknya transportasi umum di 10 kota sekitar wilayah tempat wabah virus corona mematikan ditutup. Kebijakan tersebut tentu mempengaruhi pergerakan sekitar 26 juta orang menjelang Tahun Baru Imlek akhir pekan ini.

Huangshi, dengan populasi 2,4 juta, menjadi salah satu kota terbaru di provinsi Hubei untuk menutup rute transportasi pada Jumat 24 Januari 2020 termasuk menutup terminal feri dan jembatan di atas Sungai Yangtze, serta menangguhkan transportasi umum.

Tak hanya itu, bus penumpang jarak jauh, pelatih wisata dan transportasi umum dihentikan di Qianjiang, sebuah kota di Hubei tengah dengan populasi hampir 1 juta orang.

Pihak berwenang mengatakan langkah-langkah itu dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus corona baru, yang kini telah menginfeksi lebih dari 800 orang.

Virus, yang berawal di Kota Wuhan, telah menyebar ke kota-kota besar lainnya termasuk Beijing, Shanghai dan Hong Kong. Bahkan kini, kasus tersebut telah dikonfirmasi di Singapura, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam dan Amerika Serikat.

Sementara itu, di Kota Zhijiang, semua tempat umum telah ditutup kecuali rumah sakit, supermarket, pasar petani, pompa bensin dan toko obat. Kota Huanggang, sebuah kota berpenduduk 7,5 juta orang, juga telah dibekukan dan warga diberitahu untuk tidak meninggalkan kota itu sementara kota Ezhou juga menutup stasiun kereta.

Kota-kota lain dengan pembatasan perjalanan termasuk Xiantao, sebuah kota berpenduduk 1,5 juta, dan Chibi, yang memiliki sekitar 500.000 orang, akan menutup pintu masuk stasiun tol dan menghentikan rute transportasi.

Sama seperti lainnya, bus di kota Xianning turut menangguhkan layanan. Otoritas provinsi Hubei mengatakan mereka membatalkan pertunjukan budaya dan tempat-tempat budaya publik.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here