Senin, November 29, 2021

Gaji Kecil? Yuk Simak Tips Travelling Seru Buat Kamu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bisa berlibur ke sebuah tempat yang memangdiidam-idamkan, tentu adalah sebuah kebahagiaan.

Apalagi kalau Anda termasuk orang yang senantiasa disibukkandengan pekerjaan sehari-hari, kesempatan travelling tenturasanya sangat dinantikan.

Hanya saja, kadang keinginan untuk travelling ini harus tertunda atau bahkan dibuang jauh-jauh karena biaya yang tak cukup.

Apabila keinginan untuk berlibur sering terhambat, kini saatnya untuk mengubah kebiasaan mengatur keuangan. Di balik proses mengubah kebiasaan tersebut, terapkan pula strategi mengelola gaji bulanan demi memenuhi kebutuhanakan travelling.

Yuk kita simak cara menyiasati gaji kecil bagi yang ingin traveling!

1. Berlibur ke Negara Tetangga

Karena budget terbatas, sebaiknya pilih destinasi liburan yang dekat-dekat saja, seperti Malaysia atau Singapura yang masihtetanggaan dengan Indonesia.

Besarnya biaya yang dihabiskan pasti jauh lebih murah jika dibandingkan saat Anda liburan ke benua Eropa atau Amerika.

Selain menghemat ongkos, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya mengurus VISA. Cukup dengan paspor saja, Anda sudah diperbolehkan untuk keliling Asia Tenggara. Kisaran biaya mengurus paspor pun juga cukup terjangkausekitar 300 ribu–700 ribu Rupiah.

2. Hitung Jumlah Pendapatan

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan sampingan wajib menghitung total pendapatan yang berhasil didapatkan selamasatu bulan, baik yang didapat dari pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan.

Dengan demikian, Anda dapatmengetahui jumlah uang yang mampu disisihkan selama satubulan untuk travelling. 

3. Hemat 20 Persen Biaya Makan

Memiliki gaji kecil, anggaran terbesar yang paling menyita pengeluaran biasanya adalah kebutuhan makanan. Meski begitu, sebenarnya ini bisa disiasati dengan beberapa cara.

Pertama, Kamu bisa menghemat sebesar 20 persen pengeluaran dengan membawa bekal makan siang, camilan dan air minumdari rumah untuk di kantor.

Meski barang bawaanmu akan terasa bertambah banyak, namun dengan berhemat Kamu bisa menambah banyak uang tabungan untuk liburan.

4. Jangan Pakai Tour Guide

Kamu bisa mengurangi pengeluaran liburanmu dengan cara ini. Namun sebelumnya, lakukan risetmu sendiri sebaikmungkin.

Cari tahu di internet mengenai objek wisata yang hendak Kamu kunjungi, mulai dari sejarah, lokasi, cara menuju lokasi, bahasa, kuliner, kebiasaan lokalnya dan masihbanyak lagi. Temukan spot menarik yang bisa dieksplorasi.

5. Waktu Liburan yang Tepat: Low Season

Jika memungkinkan, pilihlah waktu liburan yang tepat yaitu saat low season. Bepergian saat musim liburan alias HhghSeason sangat tidak disarankan.

Bahkan, sebaiknya Kamuhindari tanggal-tanggal tersebut. Sebaliknya, pilihlah Low Season agar harga tiket dan semua akomodasi tetap normal dan tidak lebih mahal.

Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi jikasaat musim liburan, semua harga tersebut akan naik dan jadilebih mahal. Ujung-ujungnya, budget liburanmu bisa-bisamembengkak dibuatnya.

Reporter: Widya Nurazizah

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Armand Maulana Teringat Jasa-jasa Almarhum Bens Leo: Dia Percaya dengan Talenta Saya

MATA INDONESIA, JAKARTA - Pengamat musik Bens Leo meninggal dunia karena Covid-19. Vokalis band 'Gigi', Armand Maulana terkenang jasa-jasa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini