Yuk Puasa Lagi! Intip Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatanmu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah minggu lalu puasa sunnah di hari Senin tak diperbolehkan karena bertepatan dengan hari Tasyrik, sekarang kamu sudah bisa kembali berpuasa lagi gaes.

Selain bernilai ibadah, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu petik dari rajin puasa sunnah Senin Kamis loh.

Biar makin semangat, yuk simak manfaatnya.

1. Dapat Memperpanjang Umur

Berpuasa dapat memperpanjang usia, karena saat melaksanakannya terjadilah pembatasan asupan kalori dalam tubuh. Penelitian tersebut terbukti pada orang-orang Jepang loh, dimana mereka gemar membatasi asupan kalori dalam tubuhnya.

Dan kini banyak penduduk Jepang yang bisa menyentuh angka 100 tahun, karena gemar menjaga asupan, contohnya seperti berpuasa Senin Kamis ini.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak penelitian telah menunjukan bahwa saat berpuasa, membuat tubuh membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada hanya diet biasa. Lumayan kan, selain dapat pahala, tubuhmu jadi ikutan langsing.

3. Mempercepat Metabolisme

Saat berpuasa, sistem pencernaan tubuhmu akan berisitirahat. Hal ini dapat memberi energi metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien.

Nah, kalau pencernaanmu buruk karena terlalu banyak makan dan jarang berpuasa, dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk mematabolisme makanan dan membakar lemak ditubuhnya.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di masa pandemi kayak gini, menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting. Jika kamu rajin berpuasa, daya tahan tubuhmu dapat meningkat loh.

Puasa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Puasa pada dasarnya ialah proses mengistirahatkan organ-organ pencernaan. Hal tersebut penting untuk pertahanan tubuh dari serangan virus dan kuman.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain daya tahan tubuh, fungsi otak juga bisa meningkat karena berpuasa. Berpuasa terbukti meningkatkan produksi protein yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF).

Nah, protein ini juga melindungi sel-sel otak dari perubahan. Sehingga dapat mengurangi resiko penyakit Alzaimer dan Parkinson.

6. Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat

Kalau kamu hobi skin care-an, maka berpuasa Senin Kamis patut kamu lakukan. Karena saat berpuasa organ-organ pencernaan sedang istirahat, puasa bisa memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain, termasuk kulit.

7. Pikiran Lebih Positif

Tahukah kamu, dengan rajin berpuasa sunnah Senin Kamis, bisa membuat pikiran jadi lebih positif loh. Berpuasa bisa menjernihkan pikiran karena menuntut kamu untuk menahan segala jenis hawa nafsu. Termasuk nafsu marah-marah.

Dengan demikian, puasa bisa bikin tubuh lebih ringan, pikiran lebih jernih dan membuat kamu jadi selalu bersyukur dan berpikir positif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini