MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang belom pernah makan Soto Betawi? Soto yang merupakan khas Jakarta ini memiliki Cita rasa santan nya yang unik dan beda dari yang lain. Hal ini membuat jenis soto ini selalu jadi dambaan.

Sebagai kuliner yang berkembang di wilayah Betawi, cikal bakal Jakarta, soto ini diracik oleh penduduk asli Betawi. Awal mulanya, saat penjajah berkuasa, orang Betawi tak mampu membeli daging karena harga yang mahal.

Alhasil, masyarakat Betawi memanfaatkan jeroan seperti paru, babat, kikil dan isi perut lainnya yang sering kali jadi bahan yang terbuang dan tidak digunakan kaum elite kala itu.

Hidangan ini bukan menarik karena rasanya saja. Tapi, harga yang terjangkau dengan rasa yang menggugah lidah, menjadi alasan sebagian orang menyukai soto betawi.

Berikut ini adalah beberapa kedai soto betawi paling terkenal di Jakarta. Yuk, langsung cari tahu!

1. Soto Betawi Haji Mamat


Saking legendaris nya, orang-orang rela berkorban demi soto ini.
Rela nyetir jauh, ngantri, sempit-sempitan, rela semuanya. Maklum, oseng soto di sini tidak usah diragukan lagi, rasanya benar-benar mantap.

Lokasi: Jl. Mandala Raya No.10, RT.13/RW.5, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 9.00 hingga 20.00

Kedai ini bisa menyajikan lebih dari 100 porsi soto per hari. Tidak heran, karena racikan bumbu nya istimewa banget, menciptakan satu mangkok soto yang khas! Selagi panas, dimakan pake nasi putih dan ditaburi bawang goreng, dijamin nggak ada duanya deh. Nagih!

Lokasi:

Jl. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta 8 8, RT.8/RW.8, Ps. Manggis, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Sabtu hingga Kamis (Jumat libur), 7.00 hingga 14.00

3. Soto Betawi Pak Haji Yus

Yang doyan dengan soto berkuah susu dan gurih, Soto Betawi Pak Haji Yus bisa jadi pilihan. Isian Sotonya memberikan kepuasan bagi penikmatnya. Tidak hanya memberikan sensai segar. 

Lokasi: 

Jl. Minangkabau No.40, RT.1/RW.1, Ps. Manggis, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 18.00

4. Soto Betawi Sambung Nikmat


Soto Betawi Sambung Nikmat
sudah berdiri sejak 1980. Soto betawi yang ditawarkan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu kuahnya yang berwarna kemerahan.

Menggunakan bahan dasar santan sebagai kuahnya, soto ini menyajikan rasa gurih yang lebih nikmat. mungkin kamu bisa menambahkan taburan cabai rawit utuh ke sajian ini. Dijamin nikmat!

Lokasi:

Jalan Ciputat Raya No.2, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, RT.6/RW.1, Pondok Pinang, RT.4/RW.8, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam buka:
 Senin sampai Sabtu (Minggu libur), 8.00 hingga 14.00

5. Soto Betawi Afung

Saat berkunjung ke Puri Kembangan, Jakarta Barat, jangan lupa melipir sejenak ke Soto Betawi Afung. Telah berdiri sejak 1982, di sini kamu akan disuguhkan Soto Betawi bercita rasa autentik.

Soto ini dibuat dari potongan daging, paru, babat, tomat dan kentang dengan kuah santan gurih dan segar. Untuk menambah cita rasa, emping melinjo, bawang goreng, seledri dan sambal cabai akan ditambahkan ke dalam sajian ini. Yummy!

6. Soto Betawi H. Ma’ruf
Berada di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM). Kedai soto Betawi ini menyuguhkan sajian soto nikmat dengan potongan daging dan jeroan sapi yang empuk di lidah.

Dipadukan dengan emping melinjo dan sambal cabai yang pedas membakar, tak cukup rasanya bila hanya melahap satu porsi saja. Bukan hanya soto, kedai ini juga menyajikan menu sate yang bisa dicicipi.

Lokasi:

Jl. Pramuka No.64, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 10.00 hingga 22.00

7. Soto Betawi Bang Sawit
Di Soto Betawi Bang Sawit, penyajiannya unik dan berbeda. Hidangan yang ada akan disajikan di atas mangkuk hot plate.
Sehingga, soto milikmu akan tetap dalam kondisi panas setiap saat. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Dijamin kamu akan merasa ketagihan saat menyantapnya.
Lokasi:
Jl. Boulevard Raya, RT.11/RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Epiwalk, Jl. H. R. Rasuna Said, RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940


Jam buka:
 Setiap hari, 7.00 hingga 22.00

Nah, itu dia kedai soto betawi yang sudah terkenal dan legendaris. Jadi, mau makan di mana?

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here